MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi BMW R Nine T, Gaya Bengis nan Artistik

JUL 04, 2018@14:00 WIB | 605 Views

Mungkin Anda atau saya menilai secara umum model BMW R Nine T telah memiliki gaya classy vintage sesuai karakter BMW yang premium. Onggokan mesin boxer berkapasitas 1170 cc, mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp. Mungkin Anda sudah kehabisan akal untuk memodifikasinya. Namun, bagi Bernhard Naumann atau Blechmann, desainer Jerman, bisa memodifikasinya secara futuristik dan sekilas cukup bengis.

Lihat bagian buritan, yang dipotong dan mempertahankan ban gambot. Kemudian meracang ulang tempat duduk, yang lebih futuristik dengan patahan. Bagian depannya telah dibangun ulang dengan menggunakan bahan metal membentuk patung monster (sculpture) yang bengis. Sekilas menyerupai sosok banteng yang marah.

Namun, semuanya dirancang sesuai dengan filosofi desain BMW Motorrad. Setiap rangka metal yang membentuk memiliki ketebalan cukup, beberapa sudut lengkukan yang indah dan aerodinamis, meski terlalu besar dan seperti dirancang oleh insinyur BMW sendiri. Intinya, tangki, bodywork dan single seat ditanggalkan.

Sebuah rangka teralis tersembunyi diatas mesin boxer dan  tangki yang bersambung dengan single seat. Bentuk tangki seperti bentuk BMW F800R tahun 2025 mungkin terlihat lebih surrealisme. Lebih tepat untuk properti di film Star Wars misalnya.

Lampu proyektor terinstal tegas diantara garis metal yang cukup gahar. Kita tidak mengira apabila insinyur BMW sendiri tidak menciptakan gaya dan desain seperti itu. Exhaust handmade, bersambung dengan pipa dua silinder yang bermuara pada tabung pipih dibawah mesin.

Metal bodywork yang asimetris ini kemudian dibalut dengan warna tricolor khas BMW, merah, biru dan putih. Karena desainnya yang futuristik dan teknis ini, rekan-rekan Bavaria menyebutnya sebagai ayam, yang oleh masyarakat Jerman selatan disebut sebagai Giggerl.

Secara kapasitas kenyamanan, desain motor ini cukup tidak berimbang, berat didepan, dan over complex. Namun, karena mengusung design art yang tinggi, tentu saja cukup mengagumkan, karena filosofi desain acid yang memang kental dengan gaya BMWini. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
auto news,
#
modifikasi,
#
bmw r nine t,
#
bernhard naumann