MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Aerodinamika dan Ban Khusus Michelin Antarkan Bugatti Chiron Tercepat di Dunia

SEP 21, 2019@12:15 WIB | 329 Views

Bugatti Chiron bulan ini telah mampu memecahkan catatan mobil tercepat sebagai hypercar dunia. Bugatti telah memperbaiki catatan waktu sebelumnya dengan Veyron Super Sport di kecepatan 268 mph atau 431 kpj. Kali ini pengujian dilakukan pada Bugatti Chiron di sirkuit Volkswagen Ehra Lessien, dengan catatan waktu 304,773 mph atau di kecepatan 490 kpj. 

Angka tersebut dibuat oleh Andy Wallace, dengan mengemudikan Chiron yang sudah dimodifikasi dengan mengelilingi sirkuit sejauh 5,4 mil, dengan catatan waktu yang belum pernah dipecahkan.

Tentunya BlackPals, ini bukan Bugatti yang diproduksi secara massal. Melainkan sebuah Bugatti Chiron yang telah dimodifikasi, dan itu dibuktikan  Chiron memungkinkan melampaui kecepatan tertinggi yang pernah dicatatkan Veyron 261-mph yang tentu menjadi tolok ukur saat itu dan luar biasa. 

Salah satu kunci keberhasilan mematahkan kecepatan dari Koenigsegg Agera RS yang pada November 2017 mencatatkan kecepatan tertinggi hingga 447 kpj, adalah mengurangi aerodinamic drag. Banyak perubahan dilakukan pada bodi, termasuk grille yang diperlebar, penambahan air intake yang lebih agresif di setiap sisi. 

Ventilasi ditambahkan di atas dan di belakang roda depan. Secara kritis, bodi itu diperpanjang hampir 10 inci oleh cover yang melingkar di sekitar fasia belakang, tepatnya di bagian bawah diffuser. Airbrake wing dihapus untuk mengurangi drag lebih jauh.

Terlihat dibagian belakang adalah rubahan setup knalpot baru yang secara visual serupa dengan Centodieci yang baru-baru ini diperlihatkan di Pebble Beach. Itu menandakan mesin 8 liter, quad-turbo W-16 terlihat lebih kuat.

Jadi seberapa besar perubahan aerodinamika dan dukungan apa saja yang membantu pencapaian tertinggi itu. Bugatti bekerja dengan mitra lama Michelin untuk mengembangkan ban khusus yang dapat menangani kecepatan di atas 300 mph. Setiap ban telah melewati X-ray sebelum pemasangan untuk memastikan konstruksi benar-benar sempurna dan tidak akan berosilasi atau bergetar ketika kecepatan meningkat; ban diposisikan di kondisi 5.300 g pada kecepatan tertinggi mobil.

Bugatti Chiron ini telah dihiasi serat karbon mentah dan stripping oranye, kombinasi keduanya diterapkan dalam rangkan penciptaan rekor Bugatti. Sektor interiornya, kursi penumpang dilepas dan digantikan dengan roll cage. Mungkin saja perubahan yang terlihat di sini akan diteruskan sebagai Chiron edisi khusus.

Pabrikan berkinerja telah lama menetapkan target pada 300 mph, dan Koenigsegg sebelumnya datang paling dekat dengan kecepatan tertinggi 277,9 mph. Chiron modifikasi ini telah melewati penghalang, Bugatti menunjukkan sekali lagi mengapa itu mungkin menjadi hypercar marque terbaik.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
bugatti,
#
bugatti chiron,
#
the fastest hypercar,
#
volkswagen ehra lessien,
#
andy wallace,
#
modifikasi,
#
hypercar