MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi AE86: Makin Tua Makin Menjadi

OCT 20, 2017@09:00 WIB | 316 Views

Pastinya Blackpals pernah mendengar pepatah kata lama yang mengatakan, "Tua-tua keladi - semakin tua semakin jadi". Yap.. pepatah itu sepertinya pantas diterapkan pada mobil satu ini. Honda Accord lansiran 1986 ini bagi Eiji Daito adalah salah satu konsep modifikasi yang paling ditunggu selama 15 tahun berkarir sebagai modifikator. Yap sang owner sekaligus merangkap sebagai modifikator ini sangat terobsesi untuk merubah seluruh bagian mobil AE86 miliknya.

Bagi Eiji Daito, sebagai salah satu modifikator tak pernah mempunyai satu pikiran bila usahanya sebagai modifikator begitu tenar di jagat modifikasi khususnya di tanah kelahirannya, Jepang. Eiji Daito sendiri memiliki bengkel modifikasi 'E.Prime' yang bertag-line "Membuat Sesuatu yang Tak Ada Menjadi Ada"

Pada awal mulanya, Daito mendapatkan mobil ini dengan interior yang hampir seluruhnya tidak ada, "Saya mendapatkan pertama kalinya di mobil ini dengan tidak adanya panel atau karpet tetapi bodi mobil secara keseluruhan masih nampak sempurna.

" Daito melihat AE86 miliknya mampu berpotensi untuk dirubah menjadi mobil yang mampu berkinerja tinggi dan layak untuk menjadi sebuah mobil di lintasan balap. "Saya ingin membangun mobil ini yang keren, bukan cuma keren tapi mempunyai performa yang tinggi untuk bisa menarik perhatian orang di jalanan." Ungkapnya.

Dalam pengerjaan di bengkel modifikasinya, mobil AE86 ini mendapatkan sentuhan modifikasi pertama pada bagian bumper depan yang berkiblat pada NA Works, Sideskirt, lips spoiler, fender custom serta penempatan velg custom Equip yang memiliki lebar berdiameter 40 mm mampu menambahkan kesan modern-retro.

Area belakang pun makin agresif dengan tertanamnya spoiler custom yang begitu besar. Bagian jantung pacunya sendiri sang modifikator tidak menyebut secara detail, dari pernyataannya hanya mengatakan bahwa mesinnya telah memiliki setup 4AG Turbocharged yang ditambahkan dengan NOS yang diklaim mampu melepaskan tenaga 300 hp.

"Untuk mesin banyak transmisi yang di custom agar setara dengan kekuatan mesin skyline 71C."

Untuk kebanyakan interior bagi mobil balap pastinya Blackpals tahu, bahwa interior mobil balap tidak ada kemewahan yang terlihat. Untuk interior AE86 milik Eiji Daito ini hanya menyisakan satu buah kursi Bride di area kemudi yang ditemani dengan berbagai fitur instrument indikator pada bagian dasbord dan adanya tekukkan rollbar yang mengelilingi bagian dalam mobil sebagai fitur keselamatan bagi pengemudinya.

Sang modifikator mengaku sebagian besar waktu luangnya dia habiskan untuk membangun mobil AE86 miliknya. Dan dirinya mengklaim telah mencatatkan waktu tercepat 1:42 dtk dalam 1 putaran di Sirkuit Internasional Okoyama.

Meskipun mobilnya telah berusia 30 tahun namun mobilnya masih sanggup menantang mobil racikan lainnya yang terbilang lebih muda. Daito pun mengklaim, dalam kondisi standar, Honda Accord Executive tahun 1986 ini sangat mudah dirawat dan mesinnya pun masih memiliki performa yang bagus hingga saat ini. [yus/timBX]