MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Tenaga Surya Pertama, Lightyear 0, Siap Diproduksi

DEC 09, 2022@14:00 WIB | 2,779 Views

Lightyear 0, mobil listrik bertenaga surya pertama di dunia buatan Lightyear, secara resmi memasuki tahap produksi setelah diperkenalkan awal tahun ini.

Versi siap produksi Lightyear 0 akhirnya diperkenalkan setelah bertahun-tahun berada di dalam tahap pengujian dan pengembangan sejak mobil bertenaga surya ini diperlihatkan dalam bentuk purwarupa pada tahun 2016.

Bodywork inovatif yang terintegrasi dengan panel surya, dapat menyediakan baterai mobil berkekuatan 61.2 kWh dengan listrik saat dikemudikan atau saat tidak bergerak.

Hanya dengan menggunakan panel surya saja. Lightyear 0 diklaim punya jarak tempuh sekitar 70 km. Dengan dukungan baterai, Lightyear 0 dikatakan sanggup menempuh jarak sejauh 725 km dalam sekali pengisian daya.

Produsen mobil asal Belanda ini juga menyebut Lightyear 0 sebagai mobil paling aerodinamis di dunia dengan koefisien drag 0,175.

Urusan performa, Lightyear 0 sanggup berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 10 detik. Powertrainnya sendiri terdiri dari empat motor listrik, satu untuk setiap roda, yang menghasilkan output gabungan 130 kW.

Hanya 946 unit Lightyear 0 yang akan dibuat di fasilitas manufaktur Lightyear di Finlandia. Mobil bertenaga surya pertama di dunia ini dijual secara eksklusif di pasar Eropa dengan harga €150.000 (sekitar Rp2,47 miliar). [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
mobil tenaga surya,
#
lightyear,
#
lightyear 0,
#
ev,
#
mobil listrik,
#
mobil