MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Pertama Huawei Diluncurkan Dengan HarmonyOS, Chip Kirin, dan Pengisian Super Cepat

APR 20, 2021@13:00 WIB | 400 Views

Huawei resmi meluncurkan mobil pertamanya yang dilengkapi dengan HarmonyOS, Chip Kirin, dan pengisian super cepat. Peluncuran dilakukan di acara Shanghai Auto Show yang membuat Huawei resmi menjadi produsen mobil. Mobil listrik pertama Huawei ini dibuat atas kerja sama dengan divisi EV BAIC.

Arcfox Alpha S bagian dari model serba listrik yang baik software maupun hardwarenya sepenuhnya didukung Huawei. Meski tidak ada informasi yang dibagikan dalam hal ini, BAIC kemungkinan besar bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan manufaktur.

Huawei dan BAIC akan menawarkan dua model berbeda, yakni versi Alpha S dan Alpha S HI, masing-masing dengan konfigurasi base dan high-end. Jadi pada akhirnya, ada empat versi berbeda dari mobil Huawei yang bisa dipesan pelanggan.

Arcfox Alpha S adalah mobil berteknologi tinggi, dengan kekuatan yang berasal dari chip Kirin 990A yang dikembangkan Huawei. Selain itu, menawarkan dukungan 5G dan berjalan di HarmonyOS, sistem operasi internal yang awalnya seharusnya berfungsi sebagai alternatif untuk Android yang kemudian berkembang menjadi platform lengkap untuk hampir semua yang dibuat Huawei.

Seperti yang diharapkan, Huawei bertaruh besar pada sinkronisasi antara mobil dan smartphone-nya, jadi HarmonyOS memungkinkan komunikasi yang mulus, dengan layar mobil 4K besar yang dipasang di dasbor sehingga memungkinkan pengguna untuk mengontrol segalanya mulai dari infotainment hingga kemampuan mengemudi otonom.

Tentu saja pengenalan suara juga ditawarkan, tapi mobil juga mendukung gerak tubuh, sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan mobil tanpa sentuhan.

Dalam hal kemampuan EV, baterai 93,6 kWh yang tersedia dikatakan menawarkan otonomi yang mampu mencapai lebih dari 700 km (435 mil) per pengisian daya. Dan pengisian cepatnya mengesankan, untuk sedikitnya, karena mode khusus memungkinkan baterai mencapai daya hingga 197 km (122 mil) hanya dalam 10 menit.

Paket baterai lithium-ion dilengkapi pengatur suhu yang cerdas. Secara teori, ini seaman mungkin karena pengisian daya tidak memungkinkan terjadinya panas berlebih; itulah salah satu alasan mobil mengisi ulang begitu cepat. Pengisian daya nirkabel juga ditawarkan, meskipun perlu waktu lebih lama untuk mengisi ulang baterai hingga penuh tanpa kabel.

Mode mengemudi otonom didukung peta onboard yang juga disediakan Huawei, meskipun untuk saat ini, hanya beberapa kota di China, termasuk Beijing, Shanghai, dan Shenzhen, yang didukung.

Mobil yang dimaksud akan dijual akhir tahun 2021, dan harganya mulai dari 251.900 Yuan (sekitar $ 38.700) atau setara Rp561 juta, hingga 429.900 Yuan ($ 66.000) atau setara Rp956 juta untuk versi HI teratas. [asl/timBX]

Tags :

#
harmonyos,
#
chip kirin,
#
shanghai auto show,
#
mobil huawei,
#
mobil listrik