MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Listrik Toyota bZ4X Resmi Diperkenalkan Di Indonesia, Harganya Rp800 Jutaan?

AUG 12, 2022@14:00 WIB | 712 Views

Seakan menjawab desas-desus yang beredar sebelumnya, PT. Toyota Astra Motor akhirnya memperkenalkan SUV mid-size full-electric Toyota bZ4X di Indonesia pada ajang GIIAS 2022. Kehadiran bZ4X dikatakan sebagai langkah awal Toyota untuk melengkapi pilihan mobil listrik di Indonesia.

“Memperkenalkan Toyota bZ4X adalah komitmen kami untuk lebih banyak memberikan opsi kendaraan ramah lingkungan. Toyota sepenuhnya mendukung langkah Pemerintah dalam hadirkan kendaraan elektrifikasi,” ujar Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Toyota sendiri sebenarnya belum mengumumkan niatnya untuk menjual mobil listrik bZ4X di Indonesia alias masih dalam tahap pengenalan ke publik.

Walau datang dengan moniker yang sedikit "nyentrik" dibandingkan lineup Toyota lainnya, penamaan Toyota bZ4X tidaklah sembarangan. Dari namanya sendiri, bZ singkatan dari Beyond Zero, sementara 4X punya makna SUV ukuran compact.

Dilihat dari tampilannya, Toyota bZ4X hadir dengan desain yang futuristik berkat desain bersudut tajam di sekujur bodi mobil yang memberikan sedikit kesan agresif dan tegas.

Toyota bZ4X datang dalam dua tipe, yaitu tipe Pure dan Motion. Masing-masing tipe ini punya perbedaan di bagian penggerak, untuk tipe Pure yang menggunakan penggerak roda depan (FWD) dan Motion menggunakan penggerak semua roda (AWD).

Toyota bZ4X dibekali dengan baterai lithium-ion kekuatan daya 71.4 kWh dengan tegangan maksimal 355 volt. Baterai ini diklaim punya jarak tempuh sekitar 500 km dalam sekali pengisian.

Mengenai performanya, untuk tipe FWD, bZ4X mampu dikatakan sanggup memuntahkan tenaga hingga 150 kW, sedangkan model AWD, punya output maksimal 160 kW.

Pihak Toyota Indonesia sendiri belum mengumumkan berapa harga jual bZ4X di Indonesia. Di Malaysia sendiri, Toyota bZ4X varian Pure dibanderol seharga RMY238.000 (sekitar Rp801 juta), sedangkan varian Motion dipatok harga RMY259.000 (sekitar Rp872 juta). [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ev,
#
toyota,
#
toyota bz4x,
#
mobil listrik,
#
giias 2022