MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Legendaris Nissan R32 Skyline GT-R Siap Dilelang Bulan Depan

OCT 13, 2023@14:30 WIB | 346 Views

Kendaraan legenda di kalangan motorsport Jepang akan dilelang di acara RM Sotheby di London pada tanggal 4 November mendatang. Kendaraan yang dimaksud adalah Nissan Skyline GT-R BNR32 JGTCC-GT1 tahun 1994 yang dibuat oleh Hasemi Motorsport dan Nismo di Jepang.

Kendaraan ini dirancang untuk bertarung di Kejuaraan Mobil Grand Touring Jepang yang sangat kompetitif dan mendebarkan dan terbukti sangat sukses, dengan pembalap Masahiro Hasemi berada di urutan kedua dalam kejuaraan pembalap '94 tersebut.

R32 dikenal dengan cepat menjadi mobil balap yang serius. Dengan kerja sama Nismo dan Hasemi Motorsport, mobil touring ini menerima penguatan struktural untuk meningkatkan kekuatan, panel bodi serat karbon baru, dan fondasi yang lebih segar. R32 adalah 'monster' di masa lalu dan mendapat julukan 'Godzilla' setelah meraih banyak sekali kemenangan antara tahun 1990 dan 1993.

Akibatnya, JGTCC menerapkan aturan baru untuk memberikan kesempatan kepada mobil lain untuk meraih kemenangan. Hal ini memaksa Nismo dan Hasemi Motorsport menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi XTrac sekuensial enam percepatan.

Motor RB26DETT disetel untuk menghasilkan 450 tenaga kuda, jauh lebih besar daripada bawaan standar 276 hp (walaupun banyak yang mengatakan R32 mengeluarkan tenaga lebih dari itu). Sistem pengereman ditangani oleh rem AP Racing.

Terlepas dari kehidupan awalnya yang intens, kendaraan ini telah dirawat dengan indah dan mempertahankan mesin Reinik asli buatan pabrik serta komponen lainnya, termasuk corak Unisia Jecs oranye-putih ikonik yang menjadikan Skyline ini salah satu yang paling dikenal di dunia. Hasemi Motorsport R32 mudah dikenali di lintasan karena kombinasi warnanya yang cerah dan selalu berada di depan.

Selama karir singkatnya, Skyline GT-R mencetak kemenangan di Sendai Highland GT, unggul 15 detik dari mobil berikutnya. Hanya enam minggu kemudian, mobil ciptaan Hasemi Motorsport menaklukkan Tokachi 24 Jam yang melelahkan, menyelesaikan sepuluh lap di posisi kedua.

Selama seri 1995, Skyline hanya tampil satu kali di kejuaraan GT 300, balapan di Sirkuit Suzuka. Masahiro Hasemi menggunakan mobil tersebut untuk balapan ini sambil menunggu R33 Skyline barunya. Setelah itu, mobil tersebut dipensiunkan dan dipajang di kantor Jasemi Motorsport.

Bagi penggemar motorsport dan penikmat Skyline GT-R, mobil balap klasik yang luar biasa ini akan menjadi permata mahkota dalam koleksi apa pun. Dengan latar belakang yang luar biasa, segudang kesuksesan, dan corak yang ikonik, tidak akan terkejut jika mobil ini terjual lebih dari perkiraan 275.000-340.000 Dolar Amerika (Rp 4,3 miliaran – Rp 5,4 miliar), hampir sama dengan 2,5 supercar Nissan GT-R R35 modern. Menariknya, dibutuhkan biaya lebih besar untuk merestorasi versi jalan raya dari R32 Skyline GT-R yang ikonik ini. [ibd/zz/timBX]

Tags :

#
nissan r32 skyline gt-r,
#
nissan skyline,
#
nissan

X