MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Konsep Tahun 70an Tergila yang Bikin Geleng-geleng Kepala (Part 1)

JUL 07, 2020@14:00 WIB | 334 Views

Ada rumor di dunia otomotif, dari semua mobil konsep yang pernah dibangun dan diperkenalkan, hanya pada tahun 70-an mobil konsep tak biasa dilahirkan. Benarkan demikian? Dalam artikel ini akan diuraikan sejumlah mobil konsep tahun 70-an yang bisa membuat kita garuk-garuk kepala saat melihat wujudnya.

Salah satu industri yang terus bergerak ke masa depan seiring perkembangan teknologi ialah industri otomotif. Sebagai industri yang menekankan unsur futuristik, tahun 1970-an, para konseptor mobil konsep memilki tekad mewujudkan masa depan transportasi kendaraan pribadi. Waktu itu, masyarakat tengah menggandrungi banyak pilihan yang tersedia di pasaran. Ditambah lagi, persaingan antar pembuat mobil merebut pelanggan sudah begitu ketat.

Itulah alasan kenapa mobil konsep yang diusung harus benar-benar tidak biasa dan radikal supaya bisa menjadi yang terbaik dan menjadi pilihan konsumen. Akhirnya memeroleh penjualan luar biasa—lebih-lebih mampu memecahkan rekok penjualan. Pada tahun 70an, ada beberapa mobil model dan desain indah namun terjangkau. Sebagian bahkan sukses menjadi salah satu mobil terbaik dalam sejarah. Tentu—sebagaimana nasib mobil konsep yang ditentukan pasar—ada mobil konsep yang tidak diproduksi karena beberapa alasan.

Berikut ini beberapa mobil konsep tahun 70-an yang akan membuat kita geleng-geleng kepala atau garuk-garuk kepala.

10. Chevrolet Aerovette 1977

Chevrolet Aerovette yang juga disebut Chevrolet XP-882 dan Chevrolet XP-895 memiliki sejarah cukup panjang. Kendati sempat terlupakan tapi sekitar tahun 1977 mobil konsep buatan Chevrolet ini dihidupkan kembali. Hadir pada tahun 1960-an dalam bentuk Experimental Project 882 (XP-882), Chevrolet Aerovette merupakan mobil sport dua pintu dengan konfigurasi mid-engine. Tahun 1969, Insinyur Zora Arkus-Duntov membangun dua prototipe XP-882. Namun General Manager Chavrolet ketika itu, John Lorean justru membatalkan project ini lantaran menganggap kurang efisien dan mahal.

Lantaran Ford umumkan rencana penjualan DeTomaso Pantera via dealer Loncoln-Mercury, DeLorean kembali memerintahkan untuk membereskan satu prototipe XP-882 supaya dapat dipamerkan pada New York Auto Show tahun 1970. Singkatnya, pada tahun 1976, mesin 4 rotor diganti dengan 400 cu di (6.600 cc) Chevrolet V8, dan mobil konsep bernama Aerovette. Mobil konsep ini bisa untuk dua orang, setir dan kursi pengemudi dibuat fleksibel untuk kenyamanan.

9. BMW Turbo

BMW Turbo tercatat dalam sejarah sebagai salah satu mobil konsep paling gila tahun 70-an sekaligus sebagai mobil konsep BMW pertama. Hadir dengan tampang futuristik yang melampaui zaman, di mana tahun 1972 mobil konsep ini telah berpintu gullwing ditambah aspek keselamatan. Bahkan lengkap dengan side impact beam, monitor keamanan pemantau jarak pengereman. Dengan pembangkit tenaga 4-silinder 2.0L turbocharged mampu melaju hingga 60 mil per jam sanya dalam 6,6 detik.

8. Ferrari Studio CR25 1974

Pada tahun 1970-an saat Ferrari dengan Pininfarina masih berkolaborasi, kedua perusahaan bekerja sama untuk membuat Ferrari CR25. Waktu itu, Ferrari CR25 berjuluk kendaraan paling aerodinamis selain gaya dan modelnya yang begitu aneh. Penting diketahui, CR25 sebenarnya memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Berkat tim-up, CR25 berakhir dengan konfigurasi suspensi yang baik dan mekanisme kemudi yang tepat. Ferrari CR25 diperkenalkan sepanjang gelaran Turin Motorshow pada Oktober 1974. Setelah itu, CR25 tidak pernah terlihat lagi bak hilang ditelan bumu.

7. Ferrari 512S Modulo Concept

Salah satu mobil konsep yang dibiarkan lenyap adalah Ferrari 512S Modulo Concept. Konsep retro yang unik dan futuristik ini lahir dari sketsa desainer Paulo Martin di Pininfarina. Sketsa tak biasa ini lahir ketika ia baru merampungkan desain Rolls-Royce Camargue tahun 1968. Kendati dianggap melampaui zamannya karena nampak terlalu futuristik oleh Sergio Pininfarina, Martin tetap melanjutkan desainnya menjadi prototipe. Mobil yang cema sekali produksi ini pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show, dan benar-benar berhasil mendapat perhatian para pengunjung.

Ditenagai dengan mesin V12 berkapasitas 5.0-liter, Ferrari 512S Modulo mampu menghasilkan daya 800 hp. Dilengkapi transmisi manual 5-speed, Modulo dapat berakselerasi dari 0-60 mph dalam 3,1 detik. Kecepatan tertinggi yang mampu dicapai hingga 242 mph atau 390 km/jam.

6. Mercedes Benz C111 II D 1976

Mobil konsep Mercedes Benz C111 II D lahir karena situasi di Amerika Serikat sedang mengalami masalah bahan bakar minyak pada tahun 1970-an. Di tengah masalah tersebut, para insinyur Mercedes Benz membangun mobil hemat bahan bakar sebagai salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan produk dengan situasi. Selain itu, C111 II D juga merupakan hasil desain pamungkas dari pengembangan Mercedes-Benz dari penelitian model mobil futurustik masa itu. Mercedes Benz C111 II D ini mengusung mesin Veavily-tuned 3.0 liter five-cylinder yang diperkirakan mampu melaju hingga 157 mph. Saat itu, tidak ada yang mengira mobil dengan mesin diesel bisa melaju secepat itu. Namun demikin, tampilan yang tidak biasa tersebut membuat C111 ini bisa jadi bukan mobil yang bagus. [asl/timBX]

Tags :

#
mobil konsep,
#
mobil konsep 70an,
#
chevrolet aerovette,
#
bmw turbo,
#
ferrari 512s modulo