MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Keluarga, Lebih cocok MPV atau SUV?

FEB 18, 2020@21:00 WIB | 198 Views

Di era sakarang ini dengan adanya mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan bersama keluarga saat ingin berlibur atau sekadar menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan. Namun masalahnya adalah jenis mobil apa yang cocok dan nyaman untuk keluarga?

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga, seperti kenyamanan berkendara dan kabin penumpang, spesifikasi, fitur, desain, jangan lupakan faktor harga, dan irit bahan bakar. Beberapa faktor ini bisa menentukan pilihan mobil keluarga seperti apa yang diinginkan.

Saat ini mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) bisa dibilang  menjadi mobil keluarga favorit di Indonesia. Kedua jenis mobil ini, memiliki kabin yang luas dan ada pilihan konfigurasi tujuh penumpang, alias punya kapasitas besar.

Tak jarang juga, para pabrikan sengaja menggunakan platform sama untuk digunakan pada dua jenis mobil, membuat karakter keduanya jadi mirip-mirip yang bertujuan untuk membingungkan para pembeli.

Lalu mana yang lebih cocok untuk mobil keluarga, MVP atau SUV?

SUV memiliki bentuk bodi yang tangguh dan sporty, mobil jenis ini memiliki ground clearance yang tinggi yang memang ditunjukan untuk menembus berbagai medan, baik jalan raya dengan kontur halus atau jalan tanah dengan kontur berlubang dan rusak.

Sementara MPV memiliki bodi yang lebih kecil, namun sensasi berkendara tidak sama dengan SUV yang siap di segala medan.

Sebenarnya baik SUV maupun MPV bisa berperan sebagai mobil keluarga, keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

MPV memiliki konfigurasi tujuh penumpang dan lebih nyaman untuk berkendara. Sementara SUV lebih siap untuk digunakan di segala medan.

Tergantung kebutuhan

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan kendaraan bermotor roda empat di Indonesia selama 2019 mengalami pelemahan 10,6 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam catatan penjualan tersebut, segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) atau kerap dijuluki MPV sejuta umat, menyumbang kontribusi sebesar 228.327 unit, turun dari sebelumnya sebanyak 11 persen. Meski demikian, mobil keluarga murah masih jadi salah satu kontributor utama.

Segmen ini diisi beberpa model favorit pasar, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan lain-lain.

Beberapa pertimbangan yang bisa menjadi preferensi pilihan jika ingin meminang satu model untuk menjadi mobil keluarga, baik MPV maupun SUV, adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas penumpang lebih banyak

Bagi mereka yang hendak berpergian bersama keluarga, hal pertama yang mesti menjadi perhatian khusus adalah perihal kapasitas penumpang. Bayangkan bila pada satu momen mudik terdapat enam anggota keluarga yang ikut serta. Tentu jika Anda menggunakan sedan atau hatchback, mobil tidak akan muat dengan jumlah orang tersebut.

2. Ruang lebih luas

Setelah kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah daya tampung untuk barang bawaan. Jangan sampai barang-barang tersebut malah mengganggu kenyamanan perjalanan.

3. Nyaman untuk seluruh anggota keluarga

Kenyamanan tidak hanya penting bagi si pengemudi, namun juga seluruh anggota keluarga lain, yang duduk di bangku depan, baris kedua, atau ketiga.

4. Kenyamanan berkendara

Punya mobil di habitat Indonesia dengan curah hujan tinggi, menuntut mobil yang bisa setidaknya mampu melewati berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Faktor ground clearance jadi hal yang perlu dipertimbangkan.

5. Terakhir dan cukup penting, adalah harga yang kompetitif

Salah satu faktor utama yang membuat mobil keluarga, baik MPV atau SUV jadi andalan, adalah harganya yang kompetitif. Harga ini bukan biaya yang keluar ketika membeli mobil baru, tapi juga hitungan perawatan bulanannya. Termasuk di dalamnya, biaya servis, bensin, suku cadang yang butuh perhatian khusus.[Mqd/Hsn/timBX]

Tags :

#
mobil,
#
mvp,
#
suv