MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Bersejarah Ini Akan Dilelang di Mecum

DEC 28, 2018@14:00 WIB | 1,340 Views

Lelang Kissimmee yang akan datang di Mecum mungkin memang akan menampilkan duo Ferrari super mahal, yaitu Ferrari LaFerrari coupe dan LaFerrari Aperta, keduanya akan menghasilkan lebih dari $ 3 juta atau sekitar Rp 43,6 milyar. Namun jika diamati sekali lagi, Roadster 1965 Ford GT Competition Prototype inilah yang akan menjadi sorotan dalam acara ini.

Kendaraan yang menakjubkan adalah salah satu unit dari hanya dibuat 5 di seluruh dunia. Roadsters asli ini dibuat oleh Ford Advanced Vehicle dan merupakan salah satu dari hanya dua unit yang masih utuh hingga saat ini. Selain itu, mobil ini juga merupakan salah satu Ford GTs paling awal yang pernah diproduksi.

Kita semua tahu bagaimana kisah tentang Ford mulai mengalahkan Ferrari di Le Mans setelah pabrikan Italia itu menolak untuk dibeli oleh raksasa Amerika. Nah, setelah Ford menjalankan rencana yang berani ini, ia memasuki Le Mans 1964 walaupun akhirnya gagal meraih kemenangan.

Tidak berhasil dibujuk, Ford terus mengejar Ferrari dan pada bulan Maret 1965, membangun Ford GT Roadster ini dengan sasis GT / 109. Mobil balap ini kemudian dibawa ke Le Mans pada tahun 1965 dengan kru Ford Prancis yang dipimpin Carroll Shelby dan merupakan satu-satunya GT Roadster yang pernah berkompetisi dalam balapan ketahanan paling terkenal. Sayangnya, ia terpaksa pensiun pada lap ke-11 karena gearbox yang hancur.

Ford segera pensiun dari Roadster GT dan pada tahun 1968, mobil itu dibeli oleh artis Hollywood dan pengoleksi mobil California Dean Jeffries. Kendaraan itu tetap berada di dalam keluarga Jeffries hingga dibeli oleh Dana Mecum pada 2013 dan menjalani restorasi signifikan.

Sayangnya, rumah lelang belum menerbitkan perkiraan harga penjualan untuk pembalap, tetapi kemungkinan harganya akan mencapai jutaan dollar. [rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
roadster 1965 ford gt competition,
#
ford,
#
lelang,
#
mecum