MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Swakemudi Xiaomi Terciduk Sedang Melakukan Test Drive

JUL 07, 2022@17:00 WIB | 174 Views

Setelah mendominasi pasar smartphone, aksesoris, dan peralatan rumah tangga, Xiaomi sepertinya sedang bersiap untuk menjejakkan kaki di ranah otomotif. Raksasa teknologi asal negeri Tiongkok tersebut juga telah mengonfirmasi, bahwa mereka akan mulai memproduksi mobil pertamanya secara massal pada kuartal pertama tahun 2024.

Rumor berspekulasi bahwa mobil Xiaomi akan menjadi kendaraan listrik self-driving/autonomous/swakemudi yang memiliki fitur lengkap dan akan bersaing dengan Tesla dan EV lainnya. Beberapa waktu lalu, seorang blogger Weibo berhasil mengabadikan gambar perdana membagikan dari mobil uji swakemudi milik Xiaomi, yang menandakan kemajuan dari pengembangan mobil tersebut.

Penampakan mobil uji swakemudi Xiaomi yang dibagikan oleh seorang blogger, memperlihatkan mobil tersebut memiliki desain yang ramping dan dilengkapi dengan sensor lidar di atapnya.

Namun perlu diingat, ini hanyalah sebuah mobil uji dan desain akhirnya kemungkinan masih bisa berubah. Bahkan mungkin mobil yang terlihat pada gambar tersebut milik merek lain, jadi Xiaomi hanya menggunakannya untuk menguji sensor Lidar dan teknologi swakemudi yang mereka kembangkan.

Mobil Xiaomi ini kemungkinan besar hadir dengan fitur swakemudi. Sensor lidar terlihat di atap mobil adalah komponen kunci dari setiap kendaraan self-driving/swakemudi. Sensor tersebut akan memberikan visi 3D untuk komputer kendaraan dan sistem mekanis untuk membuat keputusan mengemudi.

Xiaomi cukup serius ingin berkecimpung di dunia otomotif. Awal tahun ini, pabrikan smartphone asal negeri tirai bambu tersebut telah mengungkapkan rencana untuk berinvestasi sekitar 10 miliar yuan (sekitar $1,5 miliar) selama 10 tahun. Lei Jun, CEO Xiaomi, akan menjabat sebagai CEO bisnis kendaraan listrik pintar baru.

Akan menarik untuk melihat keajaiban apa yang bisa dicapai oleh mobil Xiaomi. Menurut BlackPals, apakah mobil Xiaomi akan sepopuler smartphone-nya? [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
xiaomi,
#
autonomous,
#
ev,
#
swakemudi