MENU
icon label
image label
blacklogo

MKIII R, Replika Resmi Ford Cobra dilepas 1,2 Miliar Tanpa Mesin

MAY 15, 2020@15:45 WIB | 137 Views

Superperformance, pabrikan yang memproduksi replika mobil sport baru saja menghadirkan kembaran dari Ford Shellby Cobra. Dibangun berdasarkan lisensi dari Carroll Shelby Licensing,  MKIII R adalah mobil yang berbasis Cobra 1965, namun hadir dengan sentuhan gaya modern juga komponen mekanikal terkini.

Walau penampakan keseluruhannya jelas Cobra, namun MKIII R bukanlah contekan persis dari mobil legendaris tersebut. Fender, scoop kap mesin, front splitter, diffuser belakang adalah beberapa part yang membuat MKIII R berbeda dari Cobra.

Body ini terbuat dari fiberglass dengan rangka besi sebagai penguat dan mobil ini juga dilengkapi dengan lampu utama LED juga serta ban 18 inci. MKIII R memiliki steel ladder frame yang terbuat dari roll bar 2x4, menurut Superperformance.

Rangka ini meliputi rangka depan, engsel pintu, kolom setir dan rangka kaca depan. Berbicara mengenai suspensi, MKIII R menerapkan suspensi independent dengan ketinggian yang berbeda dilengkapi coilover adjustable dari Bilstein dan sok teleskopik di depan.

Interior juga banyak dibalut dengan material kulit termasuk panel transmisi dengan jahitan yang matching warna ekterior dan speedometer.

Untuk lolos regulasi, Superperformance tidak menjual MKIII R berikut mesin. Konsumen di sisi lain bisa memasang mesin sendiri menggunakan installation kit dari Ford mulai 302, 351, 460 dan 427/428 kubik per inci, serta transmisi Tremec 5 percepatan atau Top Loader 4 percepatan manual.

MKIII R dibanderol dengan harga hampir Rp 1,2 miliar yang jauh lebih murah dari Ford Cobra original yang merupakan collector item. Nilai dan kelangkaan Ford Cobra telah mendorong bisnis mobil replika semakin maju, bahkan Shellby American sendiri turut membuat replika mobil sendiri tanpa niat membuat ulang sang legenda klasik. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
replika ford cobra,
#
mkiii r,
#
superperformance,
#
ford shellby cobra

RELATED ARTICLE