MENU
icon label
image label
blacklogo

Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Compact Modern yang Kaya Fitur

DEC 11, 2020@18:00 WIB | 698 Views

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan SUV kompak yaitu Eclipse Cross di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Secara mengejutkan memang SUV MMKSI ini memiliki beberapa fitur canggih dengan harga yang tidak sampai Rp 500 juta. Desain depan tetap mengutamakan Dynamic Shield khas Mitsubishi, namun dengan lampu utama berada di atas.

Ukurannya yang lega ditambah dengan dual satu panoramic roof dan satu sun roof, membuat suasana kabin lebih lega. Tak hanya itu, dua bangku di depan juga sudah menerima pemanas kursi, dan juga dilengkapi dengan adaptive cruise control.

Lampu utama menggunakan projector LED, sehingga penerangan lebih baik. Banyak hiasan krom di bagian grill dan bumper yang menyiku tajam, seperti melapisi dynamic shieldnya. Terlihat jelas memang intercoolernya di bumper. Lampu sein dan foglamp sayangnya masih bohlam biasa. Di bagian depan ini pula dibenamkan sensor-sensor keselamatan seperti Forward Collision Mittigation dan lainnya, yang berfungsi mencegah kecelakaan dan juga fitur penghubung dengan adaptive cruise controlnya.

Bagian sampingnya kental akan nuansa SUV-nya seperti side skirt dove hitam, velg dual tone berukuran 18”. Suspensi yang digunakan pun Macpherson strut dengan disc brake ventilated. Lapisan krom yang berada di frame kaca memang sedikit meningkatkan kemewahan mobil ini. lekukan bagian samping ini lebih terasa karena bagian fender belakang sedikit menggembung. Handle pintu yang tebal mengesankan bahwa mobil ini lebih solid, dan tentunya dilengkapi smart entry pula BlackPals.

Beralih ke bagian belakang, disinilah letak kekhasan SUV ini. yaitu bentuk kece belakang dan lekukannya yang jarang terlihat di mobil Indonesia. modelnya yang mengcoupe dibelah dengan tarikan lurus dari thir brake lamp mobil ini. sayangnya memang, lampu rem ketiganya ini tidak memanjang utuh dari kiri ke kanan. Lampu belakang sudah LED hanya saja lampu sein masih bohlam biasa, begitu pula lampu reverse yang berada di bawah. Sayangnya, bagasi mobil ini tidak terlalu luas karena lantai bagasi tinggi akibat ban cadangan yang berada di dalam.

Eclipse Cross menggunakan mesin bensin 1.5L yang dilengkapi dengan Turbocharged. Ya, dengan bodi yang cukup kompak membuat Eclipse Cross ini lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah. Selain itu mesin MIVEC 1.5L turbo ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors. 

Untuk menggerakkan roda, Mitsubishi memadukannya dengan transmisi CVT 8-speed pertama yang ada di mobil Mitsubishi.  Transmisi INVECS-III CVT ini mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

Bagian dalam, mobil ini semuanya menggunakan jok kulit. Dashboarnya pun juga menggunakan bahan soft touch dengan layar entertaint yang sudah floating. Layarnya ini tentunya memiliki fitur android auto dan apple car play. AC dual zone auto dan digital tentunya serta dua buah pemanas kursi di bagian depan. Menarik, ada touch pad yang meningkatkan kemewahan SUV ini, meskipun penggunaannya tidak banyak karena hanya bisa menggeser pilihan satu demi satu di layar entertainmentnya. Eclipse Cross ini juga sudah menggunakan auto hold dan juga electric parking brake.

Setirnya sendiri 11:12 dengan Expander, namun SUV ini menggunakan adaptive cruise control Blackpals. Di dalam kabin pun, Mitsubishi Motors menghadirkan teknologi yang terkini. Tersedia Power Panoramic Sunroof di bagian depan dan belakang. Masing-masing shade dari sunroof dapat dioperasikan secara terpisah sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati masuknya sinar matahari yang menyegarkan. Bagian belakang tidak banyak hiburan bahkan ventilasi AC, hanya power outlet 12V dan juga atap panoramicnya.

Fitur keamanan yang dibenamkan pada Mitsubishi Eclipse Cross juga tidak main-main. Seperti adanya 7 SRS Airbags kemudian fitur Forward Collision Mitigation System [FCM]. Ultrasonic mis-acceleration Mitigation, System [UMS], Rear Cross Traffic Alert [RCTA], Blind Spot Warning [BSW]. dan Lane Change Assist [LCA].

Dengan segala fitur canggih tersebut, Eclipse Cross memiliki sistem keamanan yang baik. Terbukti dengan diraihnya Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018 dengan total skor 91,05 poin. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin dan 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

Kami akui jika dibawa berkendara, mobil ini terasa solid dengan setir, tenaga, hingga zig-zag pun, sangat nyaman. Meskipun menggunakan transmisi CVT, nyatanya akselerasi mobil ini sangat cepat namun smooth. Respon transmisi baik dalam menahan tenaga dirasa cukup mumpuni.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
drive it,
#
review,
#
mitsubishi,
#
pt mitsubishi motors krama yudha sales indonesia,
#
eclipse cross