MENU
icon label
image label
blacklogo

Ada NOS! MINI Cooper Van 1968 Berontak Pasang Mesin Honda B18 VTEC

MAR 21, 2022@17:10 WIB | 188 Views

MINI Cooper Van tua liar! Benamkan mesin B18 VTEC dikombo NOS

Kali ini kita akan membahas sebuah mobil berlabel MINI. Tentunya sebagian orang mendengar brand tersebut langsung terbayang sebuah mobil berukuran kecil, dengan dua buah headlamp bulat yang juga dipakai oleh komedian legendaris, Sir Rowan Atkinson alias Mr.Bean, pada berbagai serial filmnya.

Namun, kali ini kita akan membahas sebuah MINI Cooper Van lansiran tahun 1968, yang mematahkan semua "norma" yang berlaku pada mobil MINI. Bukan tanpa sebab, mobil yang bentuknya mirip dengan sebuah tas koper ini justru dapat melesat kencang berkat ditenagai sebuah mesin legendaris Honda. Mesin tersebut yaitu B18 VTEC kepunyaan Honda Integra GS-R.

Entah apa yang ada dipikiran sang pemilik mobil melakukan hal gila kepada mobilnya. Mesin dengan tenaga gahar tersebut terpasang apik dan benar-benar memadati ruang mesin yang telah dikustom.

Untuk dapat membenamkan mesin B18C1 VTEC ini, bagian depan mobil dipotong dan dikustom sehingga dapat terbuka layaknya kap mesin. Ubahan tersebut meliputi kedua fender, kap mesin dan beberapa part lainnya.

Enggak puas sampai disitu saja, mobil buatan Inggris ini juga dijamin dapat berakselerasi sangat cepat dengan didorong tenaga Nitrous Oxide System alias (NOS) yang kali ini berfungsi bukan sebagai pajangan seperti pada film-film balap.

Mendukung spesifikasi dan performa baru tersebut, berbagai part pun dipasang menyesuaikan, seperti pada area kabin salah satunya. Terlihat satu paket rollbar, setir Momo, harness Sparco, rem tangan hidrolik, sampai sepasang kursi racing berlabel Recaro sukses menambah kesan sporty interior mobil berkelir biru tua ini.

Lanjut, sektor undercarriage alias kaki-kaki ikut juga diperkokoh. Alhasil subframe depan dan belakang Mini Tec terpasang apik dikombo rem cakram depan, satu set velg Superlite ring 13, dan system suspensi koilover.

Terakhir, penampilan Mini Cooper Van lawas ini dibuat eye catching dengan balutan cat baru, berkelir Tahiti Blue dan putih di bagian atap. Untuk mengejar tampilan kekinian, sepasang headlamp LED pun ikut dipasang plus sebuah spion ala Formula 1 berlapis karbon terpasang di kedua pintu depan.

Kini dengan bermesin B18 VTEC tersebut, ketika noken as terbuka secara elektronik alias VTEC aktif, MINI Van ini dapat memuntahkan tenaga lebih dari 200HP. Gokil Black Pals [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
mini,
#
mini cooper,
#
mini cooper van,
#
honda,
#
honda b18 vtec,
#
b18 vtec