MENU
icon label
image label
blacklogo

Millyard Viper V10, Dodge Tomahawk V10 Yang Jadi Kenyataan

APR 11, 2022@12:50 WIB | 265 Views

Konsep sepeda motor Dodge Tomahawk dengan mesin Viper V10 membuat kesan yang cukup impresif di pameran mobil Detroit 2003. Walau demikian, Dodge Tomahawk sampai saat ini tidak pernah masuk dalam dapur produksi. Namun, seorang mekanik sepeda motor asal Inggris tertarik dengan konsep Dodge Tomahawk dan akhirnya membuat sendiri motor ini secara handmade.

Berbasis di Inggris, Allen Millyard mulai membangun mesin gila ini di bengkel miliknya pada tahun 2009, dan hingga kini masih menggunakannya secara teratur. Baru-baru ini, Millyard melakukan perawatan rutin pada Viper V10 Tomahawk buatannya sebagai persiapan untuk inspeksi tahunan yang diperlukan untuk semua kendaraan yang berlalu lalang Inggris.

Sepeda motor buatan tangan dengan mesin mobil besar ini lolos pemeriksaan, membuktikan bahwa motor ini bukan sekadar pajangan. Odometer di Viper V10 buatan Millyard sendiri menunjukkan angka 9.150 mil.

Mesin V10 8.0 liter yang digunakan oleh motor ini berasal dari Dodge Viper GTS, dan diperkirakan menghasilkan output sekitar 500 hp. Berat mesinnya saja sudah lebih dari separuh berat sepeda motor itu sendiri, mesinnya memiliki bobot 750 pon, sedangkan motornya sekitar 1.389 pon.

Ukuran mesin juga membuat rangka standar sepeda motor tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, sehingga Millyard membuat dua subframe yang dipasang ke bagian depan dan belakang mesin. Desain itu juga tidak menyisakan ruang untuk transmisi konvensional, tetapi Millyard mengklaim bahwa mesin V10 ini memiliki torsi yang sangat besar sehingga tidak memerlukan banyak gigi.

Millyard juga dapat menukar sprocket roda belakang untuk kecepatan tertinggi yang berbeda, mulai dari 160 mph hingga 270 mph. Motor ini memecahkan top speed 200 mph saat diuji di Bruntingthorpe Proving Ground yang diliput langsung oleh jurnalis sepeda motor, Bruce Dunn.

Meskipun tidak meningkatkan kinerja secara signifikan, mapping ECU alternatif juga menambahkan bahan bakar ekstra saat overrun, menghasilkan spitback yang keras dari knalpot. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
viper v10,
#
millyard viper v10,
#
dodge tomahawk

RELATED ARTICLE