MENU
icon label
image label
blacklogo

Miller Bakal Halangi Laju Quartararo di Misano, Demi Gelar Juara Dunia Pecco Bagnaia

OCT 21, 2021@12:00 WIB | 416 Views

Gelaran MotoGP 2021  masih menjadi tanda tanya besar, apakah Quartararo bisa mengakhiri pengumpulan poin untuk menegaskan sebagai juara dunia 2021 ini. Balap kelas utama MotoGP yang berlangsung di Misano kali kedua ini bakal menjadi penentuan Quartararo, setelah sebelumnya berlangsung pada 19 September 2021 lalu. 

Keganasan V4 Ducati mendominasi balapan yang dipimpin Pecco Bagnaia, disusul El Diablo Quartararo dan Enea Bastini di posisi ketiga, serta Marquez yang menempati posisi keempat di Misano lalu. Konsistensi Pecco, Quartararo, dan Marquez juga teruji di balapan COTA, Austin pada 3 Oktober lalu, Marquez menempati podium utama, disusul El Diablo  dan Pecco Bagnaia. Rins menjadi pelipur lara menempati posisi keempat setelah mengalahkan Marquez di sirkuit yang sama di tahun sebelumnya. 

Melihat dominasi tiga pembalap atas di dua gelaran MotoGP sebelumnya, Misano juga pernah ditaklukkan oleh Casey Stoner, dan kali kedua oleh Pecco Bagnaia dengan kendaraan Ducati. Artinya Ducati sudah memecahkan tradisi kemenangan yang selalu bergantian hinggap di pembalap ‘Garputala’ Yamaha dan ‘Kepak Sayap’ Honda.  Bagaimana kemungkinan Mir atau Rins bisa tampil maksimal menyodok 4 besar atau bahkan podium? 

Kemungkinan itu sudah terjawab pada 21 September lalu, saat pengujian sasis baru GSX RR untuk tahun 2022, Joan Mir mampu memberikan catatan waktu yang impresif di hari kedua test Misano, dengan  1 menit 31.873 detik, atau peringkat ketiga didepan Quartararo. 

Kemungkinan terbesar untuk memperbaiki target di tiga seri balap yang tersisa adalah menggunakan sasis baru, ketika setingan mesin tidak boleh dirubah, dan cukup susah membuat revolusi tenaga dengan mesin 4 silinder inline. 

"Dengan sasis baru, kami mampu mengerem lebih baik, namun berbagai pertimbangan lain yang kurang mendukung seperti kelincahan terkurangi, dan itu terkait setting geometri sasis agar lebih baik saat cornering. Dengan sasis baru akselerasi kami lebih baik, dan kemungkinan memperbaiki kami di tiga seri terakhir motoGP 2021, Misano, Algarve dan Valencia. Saya melupakan hasil peringkat 8 di Austin, untuk lebih fokus dan kompetitif di seri Misano," ungkap Joan Mir. 

Rencananya MotoGP Misano World Circuit Marco Simoncelli kedua akan digelar pada 24 Oktober 2021, kemudian dilanjutkan pada 7 November di sirkuit Algarve International Portugal, dan diakhiri di sirkuit Valencia pada 14 November 2021. Secara jarak point antara pembalap memiliki gap yang susah dikejar.

Quartararo unggul di klasemen pertama dengan 254 point, disusul Francesco Bagnaia dengan 202 point (gap 52 point) dan Joan Mir dengan 175 point (gap 79 point) serta Jack Miller 149 point (gap 105 point). Jack Miller sendiri siap membantu Pecco Bagnaia, untuk tidak membuat Quartararo menggapai juara MotoGP Musim 2021 lebih cepat di Misano.  Atau sosok Marquez yang bakal menyapu bersih di tiga balapan terakhir, demikian pula dengan Joan Mir yang punya simpanan sasis baru untuk tiga putaran terakhir. Waktu akan menjawabnya, simak free practice Misano mulai 22 Oktober, dan race bakal dihelat pada 24 Oktober. [Ahs/timBX]

Tags :

#
motogp 2021,
#
motogp,
#
motogp misano,
#
jack miller