MENU
icon label
image label
blacklogo

Mesin Rotary Kembali Hadir Pada Tahun 2022 Untuk Mazda MX-30 EV

JAN 06, 2021@13:00 WIB | 266 Views

Mazda mengumumkan kendaraan listrik pertama mereka pada tahun 2019 dengan MX-30, tetapi bagi banyak orang, jarak tempuh 124 mil (200 km) jauh dari yang diinginkan. Namun, ada pembicaraan bahwa Mazda akan memasukkan range extender bertenaga bensin, kemungkinan dalam bentuk mesin rotary. Sekarang penantian akhirnya telah berakhir, karena rotary range extender untuk MX-30 dilaporkan telah dikonfirmasi untuk tahun 2022.

MX-30 telah mengalami kesengsaraan pada peluncuran awalnya, hanya memenuhi sekitar setengah dari target penjualan Mazda 1.000 unit per bulan, menurut laporan dari Nikkei. Sebagian besar masalah tampaknya berasal dari kurangnya jangkauan dan “freestyle doors” yang rumit, tetapi Mazda berharap untuk menggantikan yang pertama dengan menggunakan range extender.

Laporan tersebut mencatat bahwa Mazda berharap menggunakan mesin rotary untuk menggandakan jarak dari 124 mil (200 km) menjadi 248 mil (400 km). Idenya adalah bahwa Mazda tidak hanya akan dapat membantu pelanggan mengurangi kecemasan jangkauan, tetapi mereka juga berharap untuk menggunakan mesin rotary untuk membedakan diri mereka dari pabrikan EV lainnya.

Bagi yang belum terbiasa, mesin rotari menggunakan rotor segitiga berputar yang dipasang ke poros eksentrik untuk menghasilkan tenaganya, bukan piston dan poros engkol mesin tradisional. Hal ini memungkinkannya menjadi lebih ringan dan jauh lebih kompak, serta memiliki lebih sedikit getaran, daripada mesin piston dengan kekuatan yang sama, membuatnya ideal untuk digunakan sebagai alat pemanjang jarak.

Mesin rotari digunakan di beberapa kendaraan Mazda yang paling bertingkat , tetapi ditinggalkan oleh perusahaan setelah penghentian RX-8 pada tahun 2012, sebagian besar karena masalah keandalan. Sementara mesin rotari menghasilkan tenaga yang luar biasa untuk ukurannya (1,3 liter di RX-8 menghasilkan 232 hp, atau 178 hp per liter), mereka rentan terhadap kegagalan segel apex, sehingga mesin harus dibangun ulang lebih sering daripada yang diinginkan kebanyakan pemilik. Selain itu, mereka dikenal membakar minyak dan memiliki penghematan bahan bakar di bawah standar.

Semoga Mazda dapat menyelesaikan sebagian besar masalah dengan rotary, dan akhirnya kita akan melihatnya kembali, bahkan jika itu hanya sebagai range extender. [ibd/timBX]

Tags :

#
mesin rotary,
#
mazda mx-30 ev,
#
mobil listrik,
#
mazda