MENU
icon label
image label
blacklogo

Mesin Road Car Ini Mampu Tembus 1000 hp Tanpa Turbo

MAY 04, 2020@15:10 WIB | 119 Views

Bagi bengkel performance mungkin bukan hal yang sulit jika kita ingin membangun mesin 1000 tenaga kuda. Tinggal tambahkan turbo dan memastikan mesin kuat menahan lonjakan tenaga, 1000 hp pun tercapai. Tapi kru bengkel balap Cosworth ingin mencoba yang tak biasa. Mereka ingin menghasilkan 1000 hp naturally aspirated dari mesin V-12 Aston Martin Valkyrie.

Mesin Valkyrie yang merupakan salah satu bagian dari mesin hybrid Aston Martin memiliki kapasitas 6,5 liter yang mampu mengolah tenaga hingga 150 hp setiap liternya. Ia mampu meraung hingga 11.100 rpm dan dengan tenaganya yang besar, ia masih mobil jalanan, bukan mobil balap.

Pabrikan ini meyakinkan jika Valkyrie mampu berjalan hingga 96 ribu kilometer tanpa servis besar, cukup hemat untuk mobil bermesin balap. Valkyrie adalah proyek dari bos Red Bull Racing Design, Adrian Newey.

Valkyrie didesain khusus menjadi satu bagian dengan sasis, yang berarti mesin V-12 ini dibuat kuat tanpa namun tanpa peningkatan bobot yang berlebihan. Mesin Valkyrie ini memiliki bobot sekitar 450 pon atau hanya 204 kg saja.

Walau Valkyrie V-12 tak didorong turbo, namun ada dua hal penting lain sebagai penghasil tenaga, putaran mesin tinggi dan displacement besar. Kombinasi ini memungkinkan untuk lebih banyak udara masuk ke mesin yang otomatis mendongkrak tenaga. Konsep ini merupakan kebalikan dari mesin ber-turbo termasuk Aston Martin DB11 dan Vantage.

Putaran mesin tinggi membutuhkan camshaft penggerak gir bukan sistem timing belt atau rantai. Gear ini terletak di bagian belakang mesin untuk mengurangi kebisingan. V-12 ini juga tidak menggunakan sistem direct injection melainkan port injection untuk memenuhi standar emisi Eropan. Untuk mengurangi emisi gas buang, mesin ini juga dilengkapi empat catalytic converter, masing-masing dua untuk cluster silinder. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
mesin road car,
#
aston martin valkyrie,
#
mesin valkyrie