MENU
icon label
image label
blacklogo

Mesin Bensin Skyactiv-3 Ala Mazda Akan Saingi Mobil Listrik

JAN 30, 2018@20:00 WIB | 391 Views

Mazda Motors Corporation diam-diam sedang mengembangkan teknologi mesin besin yang diakui akan seramah lingkungan. Mesin ini diklaim akan setara dengan kendaraan mobil listrik.

Dilaporkan Carscoops, teknologi mesin masa depan Mazda ini akan  menyandang nama Skyactiv-3.  Terobosan baru ini disampaikan langsung oleh Kepala Powertrain Mazda, Mitsuo Hitomo dalam sebuah konferensi teknis di Jepang.

Menurutnya, tujuan utama terobosan ini adalah untuk meningkatkan efisiensi termal sehingga mengurangi jumlah energi pembakaran yang hilang akibat panas, sekaligus meningkatkan jumlah yang dimanfaatkan.

Hitomi menyatakan jika pembuat mobil dapat meningkatkan efisiensi termal di mesinnya sebesar 27 persen atau mencapai 56 persen, maka ia akan mencapai emisi yang setara dengan kendaraan listrik. Lebih jauh lagi ia mengatakan, jika emisi karbon dioksida dapat dipangkas sebesar 25 persen, mesin bensin Mazda akan dapat melaju dari satu roda ke roda dengan EVS jika menyangkut penghematan bahan bakar.

Berdasarkan perhitungan Mazda sendiri, begitu semua aktivitas diukur, beberapa mobil listrik sebenarnya lebih kotor daripada beberapa mobil bertenaga bensin paling hemat bahan bakar di dunia. Namun sayang Hitomi tidak akan menjelaskan kapan teknologi mesin Skyactiv-3 generasi baru ini akan dimunculkan. Namun Hitomi optimis bahwa teknologi ini akan disempurnakan dan diproyeksikan untuk bertahan dalam jangka panjang. [ddy/timBX]


 

Tags :

#
skyactiv-3,
#
mazda skyactiv-3,
#
autonews,
#
blackauto