MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes-Benz Berhasil Geser Porsche dengan Rekor Baru Trek Nurburgring

NOV 13, 2020@14:30 WIB | 372 Views

Mercedes-Benz dikabarkan telah merebut kembali rekor putaran produksi mobil mewah di Nurburgring-Nordschleife dari Porsche. “Nurburgring-Nordschleife sendiri dianggap sebagai lintasan balap tersulit di dunia dan disertakan dalam setiap pengembangan baru oleh Mercedes-AMG. Oleh karena itu, rekor lap adalah tes yang paling menuntut kualitas mobil sport. Waktu ditentukan untuk dua alternatif trek sepanjang 20,6 dan 20,832 kilometer,” jelas insinyur pengembangan AMG dan mantan pembalap Demian Schaffert.

Sedikit menoleh ke belakang, tepatnya pada bulan Agustus, Porsche Panamera yang ditingkatkan, mengklaim rekam jejak mobil eksekutif baru di jalan tol Jerman sepanjang 20.832 km yang terkenal. Supercar ini menyelesaikan trek dengan waktu 7 : 25,04 berkat 4.0liter twin 463kW / 820Nm yang ditingkatkan turbo V8 dan tweak sasis lainnya.

Saat itu, Porsche bahkan mengoptimalkan Panamera Turbo dengan perubahan perangkat lunak pada kemudi dan suspensi aktif. Mereka juga memasang ban Michelin Pilot Sport Cup 2 yang dikembangkan secara khusus.

Sekarang, Benz mengklaim rekor baru kelas mewah Nurburgring-Nordschleife untuk Mercedes-AMG GT 63 S 4MATIC + 4-Door 2021. Mobil ini menampilkan “elastokinematika yang baru disetel dan ukuran fine-tuning lainnya.”

Mantan pembalap Demian Schaffert datang mengalahkan rekor lap sebelumnya yang dibuat pada 2018 dengan selisih 2,3 detik. Bila sebelumnya Benz mencatatkan waktu 7 : 27,80 maka yang terbaru total waktu terukur secara resmi adalah 7 : 23,00 dari Nordschleife. Secara alami, AMG sekarang ingin membicarakan kemenangan atas saingan berat Jermannya.

“Persisnya varian ini dan waktu putaran ini secara resmi didaftarkan di Nurburgring GmbH di beranda mereka,” kata Daimler. “Mercedes AMG dengan demikian secara mengesankan mendapatkan kembali mahkota di kelas ini hanya dalam waktu tiga bulan.”

Patut dicatat bahwa Mercedes-AMG GT 63 S 4MATIC + 2021 yang mencetak skor, menggunakan mesin V8 4.0 liter berkapasitas 470 kW / 900 Nm. Ini juga dilengkapi dengan ban Michelin Cup 2 yang lengket dan paket aero dengan stabilitas tinggi, di mana keduanya bersifat opsional.

Dilengkapi jok balap dengan harness empat titik, AMG mengatakan kondisinya jauh dari optimal, dengan suhu lintasan hanya 7 derajat Celcius dan titik basah di beberapa tikungan. “Meskipun saya telah menemani GT 63 kami melalui pengembangannya beberapa tahun sekarang, selalu mengesankan melihat penyebaran luas yang dapat kami capai dengan kendaraan eksklusif ini,” kata Schaffert.

“Ini terjadi tepat setelah sedikit revisi baru-baru ini. Di satu sisi, coupe empat pintu nyaman dan dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan cerdas untuk berkendara yang sangat tinggi, yang kini dapat kami tunjukkan sekali lagi pada Nordschleife yang menuntut,” tambahnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mercedes-benz,
#
porsche,
#
mobil sport,
#
mantan pembalap demian schaffert