MENU
icon label
image label
blacklogo

Menuju SportsCar Championship 2023, BMW Perlihatkan Hypercar LMDh V8

JUN 07, 2022@10:00 WIB | 293 Views

BMW M mengungkapkan prototype hypercar yang sedang dikembangkan untuk kategori mobil balap LMDh (Le Mans Daytona hybrid) baru yang memenuhi syarat untuk kelas atas FIA World Endurance Championship dan IMSA SportsCar Championship mulai dari 2023.

Disebut BMW M Hybrid V8, mobil ini memiliki desain yang khas BMW, dengan kidney grille dan hofmeister kink. Mobil balap ini juga menampilkan tulisan "50 Jahre BMW M" untuk menandai peringatan 50 tahun berdirinya BMW M.

BMW M hanya berkomitmen untuk SportsCar Championship sejauh ini, di kelas utama seri GTP (Grand Touring Prototype), tetapi tidak mengesampingkan entri di kelas Hypercar WEC khusus untuk Le Mans 24 Hours, ajang utama pada kalender WEC. Ini menandakan keikutsertaan BMW M di level teratas di Le Mans untuk pertama kalinya sejak 1999.

Kelas GTP dan Hypercar akan terbuka untuk mobil balap LMDh dan yang dibangun dengan aturan Le Mans Hypercar, karena ukuran Balance of Performance akan digunakan untuk memastikan kompetisi yang seimbang.

Sejalan dengan aturan LMDh, BMW M menggunakan sasis yang bersumber dari Dallara, salah satu dari empat perusahaan yang memasok sasis untuk kategori tersebut. Mobil akan membutuhkan bobot minimal 1.030 kilogram, dan powertrain hybrid V8 yang dapat menghasilkan output maksimum sekitar 670 hp.

BMW M akan menjalankan kampanye LMDh dengan Rahal Letterman Lanigan Racing dari Amerika, di bawah bendera BMW Team RLL. Rencananya saat ini adalah untuk menurunkan dua mobil di Kejuaraan SportsCar 2023. Bobby Rahal, salah satu pemilik RLL Racing, akan menjadi kepala tim. Dia akan bekerja sama dengan Maurizio Leschiutta, pemimpin proyek di BMW M untuk program LMDh. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw,
#
lmdh,
#
bmw m hybrid v8,
#
le mans