MENU
icon label
image label
blacklogo

Menjamah Earthly Delight, Honda NX650 Minimalis Dari Slovakia

JUN 23, 2021@14:30 WIB | 171 Views

Donor untuk proyek motor kustum yang tidak biasa ini ialah Honda NX650 Dominator, yang akhir-akhir ini menjadi sangat masuk akal. Pasalnya, belakangan Dominator menjadi semakin populer sebagai sepeda donor karena betapa andal dan serbagunanya mereka.

Minggu lalu, HB-Custom menunjukkan satu formula pemenang untuk NX650 utilitarian. Sekarang giliran orang-orang di balik Earth Motorcycles, yang telah melemparkan topi mereka ke atas ring dengan pengacak jalanan yang lincah.

Berbasis di Slovakia, Eropa tengah, Earth Motorcycles adalah wajah yang relatif segar di panggung. Ini adalah operasi dua orang; Aleš Tomis menangani pekerjaan kustom, sementara Vladimir Dinga menangani pemasaran dan desain. Mereka membangun Honda ini sebagai bagian portofolio untuk toko, untuk memamerkan gaya khas mereka: modern dan bersih, dengan fokus yang tajam pada detail.

Aleš dan Vladimir memulai dengan Honda Dominator model 1991, kemudian pergi ke kota untuk menyegarkan bagian-bagian yang sudah usang. Di mana Motor itu dibangun kembali dengan cincin baru, gasket, segel, cincin-O dan lengan ayun, transmisi dirombak, dan karbohidrat dibersihkan secara ultrasonik. Semuanya diledakkan dengan uap untuk hasil akhir satin, dan diperlakukan dengan satu set lengkap pengencang baja tahan karat.

Ada juga filter oli baru, dan filter udara DNA untuk menggantikan airbox. Honda juga telah diperbarui, dan sekarang berjalan dengan baterai Aliant LiFePo4 dan pengontrol Motogadget berkemampuan Bluetooth, bersama dengan alarm dan kunci kontak tanpa kunci dari merek elektronik Jerman.

Mereka menurunkan garpu depan, membangun kembali guncangan belakang, dan memasang kembali roda dengan jari-jari krom, menukar pelek depan 21” dengan unit 19”. Bannya adalah produk Mitas E-07 multiguna buatan Ceko, untuk campuran yang sehat antara kotoran dan kemampuan trotoar. Kemudian, Rem dirombak dengan cakram dan bantalan baru, ditambah selang stainless steel dari Venhill. Ada juga bantalan kepala kemudi baru, dan kit rantai dan sproket baru.

Aleš mengambil jalur yang paling tidak tahan dengan knalpot juga. Dia mulai dengan knalpot aftermarket generik dan pipa penghubung, lalu mengampelasnya dengan pasir dan uap untuk membuatnya menjadi satin seperti sekarang. Kemudian dia memotong header stok, dan mengelasnya ke sisi konektor.

Aleš mengakui bahwa persimpangannya cukup tajam, tetapi itu karena dia tidak dapat menemukan konektor dengan sudut yang lebih lembut pada saat itu. Sebagai solusinya, dia memotong dan memiringkan tepi bawah untuk membantu mengarahkan gas, dan sejauh ini, itu berfungsi dengan baik.

Secara visual, tujuan Earth Motorcycles adalah untuk merampingkan dan mempertajam Dominator secara dramatis. Aleš mengungkapkannya bahwa, pemikiran awalnya adalah membuat sepeda dengan garis lurus melalui tangki dan subframe.

Untuk melakukan ini, kru memasang tangki aftermarket klasik, dengan mengelas tab baru ke rangka. Sebagian besar komponen elektronik terselip di bawahnya sekarang. Bingkai juga di-de-tab dan dibersihkan, dan subframe yang benar-benar baru telah dibuat.

Kemudian untuk subframe berakhir dengan dua rel slash-cut yang tajam, masing-masing dengan LED kombo lampu belakang dan sein Highsider di dalamnya. Seluruh bingkai dilapisi bubuk hitam, tetapi bagian dalam rel dipoles mentah, lalu dilapisi bening sebagai detail tambahan. Ada braket plat nomor yang bisa dilepas juga, yang dibaut ke penjepit tersembunyi di bawah ekor.

Aleš merancang dudukan kursi baru menggunakan perangkat lunak 3D, sebelum dipotong laser bentuk, dan kemudian dilas untuk menciptakan desain ekor jatuh yang unik. Itu selesai dengan busa repurposed dari kursi asli, dan kulit berlubang.

Pekerjaan tersulit, menurut Aleš, adalah menyatukan lampu depan. Susunannya terdiri dari nacelle baja yang terbuat dari spatbor bekas, dan sepasang lampu proyektor yang disetujui CE yang dapat disesuaikan secara independen. Pengaturan ini diapit oleh sepasang lampu sein LED Highsider.

Lebih jauh ke belakang adalah setang baru dengan asal yang tidak ditentukan yang tergeletak di sekitar toko, dengan pegangan Domino, tombol tekan Motone dan tuas stok, yang telah diledakkan dan dibangun kembali. Speedo adalah unit Daytona, dan dudukan pengapian asli yoke atas telah dimatikan untuk menjaga area tetap rapi.

Ini adalah penggambaran ulang yang tajam dari Dominator, dan dilaporkan terasa langsing di jalan seperti yang terlihat. “Motornya sangat ringan dibandingkan dengan Dominator asli yang saya miliki,” lapor Aleš. “Sangat mudah dikendarai, dan menyenangkan bagi orang-orang yang ingin memiliki sepeda ‘universal’—untuk kota dan medan off-road yang ringan.”

Jika BlackPals menyukai ide pengacak yang tahan peluru dan cakap, tetapi menganggap sepeda pabrik modern terlalu berat atau rumit, BlackPals bisa memiliki Earthly Delight dari Slovakia ini. Kabarnya, motor kustom besutan Aleš ini dibangun untuk dijual. [asl/timBX]

Tags :

#
earthly delight,
#
motor custom,
#
honda nx650,
#
honda nx650 dominator,
#
earth motorcycles