MENU
icon label
image label
blacklogo

Menguji Ketangguhan dan Fitur New Honda Brio Satya

JUN 03, 2016@12:10 WIB | 2,191 Views

New Honda Brio RS dan New Honda Brio Satya telah diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) tepat pada acara Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2016 beberapa waktu lalu. Kami diberikan kesempatan oleh HPM untuk merasakan ketangguhan mesin city car tersebut.

Klaim pihak HPM New Honda Brio dibekali tenaga mesin 90 PS, naik sekira 2 PS dari tenaga mesin generasi sebelumnya. Rute ke Puncak, Bogor menjadi pilihan tepat untuk menguji kebenaran pernyataan HPM.

Kami pun mencoba menceritakan kembali sensasi berkendara dengan New Honda Brio Satya bertransmisi otomatis, pada saat menuju ke Puncak, Bogor, kemarin (2/6). Mesin 1.2 liter I-VTEC mulai menyala, suara cukup lembut kala keadaan langsam. Kesan pertama saat menguji coba New Honda Brio Satya ini, kami terkejut dengan akselerasi yang kami rasakan cukup "galak".

Meski iring-iringan konvoi dengan kawalan Polisi, tetap memaksa kami bermain di RPM tinggi. Maklum saja, rute yang kami tempuh cukup menanjak. RPM tinggi tak jadi masalah, karena tenaga yang dikeluarkan sepadan. Hanya saja, kami sedikit terusik dengan suara atau deru mesin cukup besar.  

Perhatian kami tak hanya tertuju pada eksplorasi tenaga mesinnya. Tetapi performa lainnya dari mobil ini. Sisi handling New Honda Brio Satya tergolong baik. Faktor lainnya hal ini juga disebabkan dukungan sistem power steering elektrik, membuat pengendalian New Honda Brio Satya menjadi lebih terkontrol dan terasa ringan melibas track menikung serta menanjak di jalanan Puncak, Bogor. Selain itu teknologi suspensi MacPherson Strut yang terpasang dibagian depan dan H-shape torsion beam yang terpasang dibagian belakang membuat city car ini stabil diajak "ngebut".

Tak sampai disitu, kami pun berkesempatan menjajal pada saat kondisi jalan Tol Jagorawi lengang. Pedal gas kami injak sedalam-dalamnya, dengan ritme mesin kami urut secara perlahan hingga kami mendapatkan posisi paling atas kecepatan menyentuh angka 143 Km/jam.

Jika sudah bicara kecepatan, maka sering berhubungan dengan perangkat keselamatan. Meski masuk dalam kelas LCGC, New Honda Brio Satya dibekali dengan fitur keselamatan mumpuni diantaranya ada G-CON + ACE yang mampu mengurangi dampak tubrukan ke dalam kabin, sehingga keselamatan pengendara dan penumpang merupakan prioritas. Selanjutnya ada Dual front Airbag, dan sabuk pengaman New Honda Brio Satya dapat mengencang dan mengunci tubuh tetap dalam posisinya serta mencegah gerakan dada penumpang dan pengendara ke depan saat terjadi tabrakan keras.

Lainnya kami juga mendapati New Honda Brio Satya dilengkapi dengan fitur keamanan berupa keyless Entry dan Immobilizer. [ddy/timBX]

Tags :

#
new honda brio satya,
#
honda brio,
#
honda prospect motor,
#
hpm,
#
test drive generasi baru honda brio