MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengintip Daftar Mesin MotoGP 2021 dan Siapa Yang Menggunakannya

DEC 12, 2021@11:00 WIB | 523 Views

Penghitungan akhir penggunaan mesin untuk setiap rider selama MotoGP 2021 ada di artikel ini.

Mesin MotoGP adalah poin pengambilan utama selama musim 2020, ketika masalah katup Yamaha memaksa mereka untuk memarkir delapan mesin 'selama hampir sepanjang tahun' serta dikenakan sanksi poin konstruktor dan tim. Untungnya hal seperti itu tidak ada lagi sepanjang musim 2021, dengan 18 putaran berlangsung normal meskipun di masa pandemi.

Itu artinya penggunaan mesin kembali ke batas tujuh perubahan per rider (daripada lima pada 2020) dengan hingga sembilan perubahan - dan modifikasi desain - diperbolehkan untuk pabrikan konsesi Aprilia. Berbeda dengan 2020, di mana rider Yamaha Maverick Vinales mendapatkan start pit-lane di Valencia karena membutuhkan mesin tambahan, dan semua pabrikan menyelesaikan musim 2021 dalam batas yang ditentukan.

Repsol Honda adalah satu-satunya tim non-konsesi yang tidak menjalankan semua mesin yang tersedia, membuka enam tetapi tidak ada motor yang ambil bagian dalam balapan Valencia karena cedera yang dialami Marc Marquez dan kemudian Pol Espargaro. Aprilia menggunakan delapan dari sembilan mesin yang tersedia untuk motor Lorenzo Savadori dan Maverick Vinales, tetapi mesin tersebut melewatkan tiga balapan karena cederanya Savadori (di Austria dan Silverstone) dan kemudian Vinales mengundurkan diri jelang balapan di COTA.

Rider dengan mesin paling banyak ditarik musim 2021 adalah Johann Zarco (Pramac Ducati), Takaaki Nakagami (Honda), Miguel Oliveira (KTM) dan Aleix Espargaro (Aprilia), yang semuanya 'kehilangan' tiga mesin. Penarikan mesin hanya benar-benar menjadi masalah jika itu terjadi jauh sebelum mesin mencapai batas jarak tempuh yang direncanakan, atau menandakan kesalahan desain bawaan yang juga bisa menimbulkan masalah bagi mesin lain.

Rider pertama yang kehilangan mesin selama musim 2021 adalah Alex Rins (Suzuki) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha). Motor A-spec Morbidelli tidak kehilangan mesin lagi selama sisa musim karena diteruskan ke Garrett Gerloff, Cal Crutchlow, Jake Dixon dan akhirnya Andrea Dovizioso.

Tapi situasinya tampak lebih serius bagi Rins setelah kehilangan dua mesin selama balapan Sachsenring. Salah satu mesin tersebut telah menjalani banyak aksi, diperkenalkan di Qatar dan mengalami kecelakaan di Portimao, Jerez dan Le Mans sebelum masalah terminal di lintasan lurus utama selama FP3 di Jerman.

Namun yang lain hanya diperkenalkan di Mugello (putaran 6) dan mengambil bagian hanya dalam lima sesi trek sebelum ditarik karena masalah teknis yang tidak ditentukan, dikatakan terkait dengan kesalahan di luar mesin itu sendiri. Daripada Suzuki membuka powerplants baru untuk mengimbangi, Alex Rins kembali ke mesin 1 dan 2 untuk balapan Jerman dan setelah Assen.

Untungnya tidak ada masalah mesin lebih lanjut, sehingga Rins bergabung dengan Joan Mir di mesin pembuka '5' setelah liburan musim panas di Styria. Enea Bastianini, Maverick Vinales, Cal Crutchlow, Franco Morbidelli dan Valentino Rossi menyelesaikan musim tanpa ada mesin yang ditarik. [dhe/zzz/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
motogp 2021