MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Konstruksi Tangki Motor MotoGP

JUN 19, 2018@10:45 WIB | 205 Views

 (Konstruksi tangki motor MotoGP)

MotoGP adalah kompetisi balap motor yang berada di kasta tertinggi, karena kerap memakai teknologi terkini. Segala komponen yang ada dibuat dengan perhitungan khusus, yang bisa meningkatkan performa motor di atas lintasan.

Makanya, jangan kaget kalau tangki motor MotoGP itu berbeda dari motor biasa. Meski dari luar terlihat sama, sebenarnya kontruksi bensin motor MotoGP benar-benar berbeda dari motor produksi massal.

 (Motor MotoGP memiliki konstruksi tangki yang berbeda dengan motor pada umumnya)

Perbedaan mendasarnya adalah tangki motor MotoGP memiliki bobot yang sangat ringan dan sebagian besar diposisikan di bawah jok. Itu dilakukan dengan tujuan untuk pemusatan atau sentralisasi berat.

Motor MotoGP memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 22 liter dan berkurang di tiap lap nya. Ada satu hal lagi yang menarik dari tangki di motor MotoGP, yakni ada sejenis spons yang dipasang di bagian ini.

 (Johann Zarco pernah kehabisan bensin saat balapan)

Hal itu untuk menghindari pergeseran berat berlebihan saat berganti arah terutama saat menikung. Contohnya seperti tangki motor RC213V, yang mana peletakan lubang pengisian berada seperti di tangki pada motor sport normal, namun tangki memanjang hingga bagian bawah jok.

Lalu apa isi bagian di depan tangki bahan bakar Motor MotoGP? Sebagian besar isinya adalah box filter udara dan juga mesin. Komponen ini mengumpulkan udara dari luar dan memasukkannya ke selang asupan masing-masing silinder. [APSG/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
tangki motor,
#
konstruksi tangki,
#
auto sport