MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengapa Transmisi yang Berurutan Mempermudah Pengendara?

MAR 02, 2021@12:00 WIB | 288 Views

Era saat ini, banyak kendaraan yang di desain dengan transmisi otomatis, tapi apakah itu berarti transmisi manual sudah tidak menarik lagi ?

Bayangkan jika Anda sedang mengemudikan kendaraan yang dilengkapi transmisi otomatis dan untuk alasan apa pun, tiba-tiba merasakan keinginan untuk mengambil kendali manual dan menurunkan gigi.

Tanpa menggunakan pedal apa pun di belakang roda kemudi atau melihat ke bawah di mana simbol "+" dan "-" kecil ditempatkan pada shifter di bawah.

Tentu saja, dalam olahraga balap mobil dan di antara sebagian besar kalangan penggemar mengemudi/mobil, orientasi "benar" yang diterima secara umum untuk pemindah gigi berurutan secara otomatis adalah "dorong ke atas dan menjauh untuk bergeser ke bawah, dan ke arah Anda sendiri untuk menggeser ke atas".

Saat Anda menaikkan gigi dalam skenario performa mengemudi apa pun, biasanya itu artinya Anda sedang melakukan akselerasi, yang berarti menarik tuas ke arah diri Anda sendiri akan terasa lebih alami. Sebaliknya, jika Anda menggeser ke bawah, biasanya itu berarti Anda melambat, dalam hal ini mendorong tuas menjauh dari diri sendiri akan menjadi tindakan yang terasa lebih alami.

Meskipun demikian, ada beberapa pabrikan mobil konvensional yang bersikeras melengkapi mobil mereka yang dapat dipindahkan secara berurutan dengan tuas yang berorientasi sebaliknya, yaitu, "dorong ke atas untuk pindah ke atas, tarik ke bawah untuk pindah ke bawah".

Misalnya, Toyota Camry yang pemindah gigi otomatisnya digambarkan di atas. "+" diposisikan di atas "S" sementara "-" telah di bagian bawah, kebalikan dari hampir semua mobil balap, tapi hal itu ada alasannya.

Dan bukan hanya Camry yang seperti ini, atau juga Toyota. Hampir semua produk Toyota dan Lexus memiliki pemindah otomatis mereka dalam konfigurasi "mundur" yang lebih ramah termasuk versi otomatis dari mobil sport 86 dan RC F dan GS F. Mobil berkinerja tinggi seperti Lexus, Audi dan Volkswagen melakukan ini juga, bahkan pada Golf R. Kemudian juga Chevy telah mengaturnya dengan cara ini di versi otomatis Camaro.

Dilansir dari thedrive.com, mereka menghubungi Audi untuk mendapatkan penjelasan resmi mengapa melakukannya, perusahaan mengkonfirmasi seluruh teori "rasanya lebih intuitif bagi pengendara biasa" sebelum menambahkan bahwa mereka selalu melakukannya seperti ini dan tidak memiliki rencana untuk berubah .

"Gearbox otomatis pertama menggunakan sistem PRND. Dari sini, kontrol '+' dan '-' ditambahkan di satu sisi untuk memilih gigi secara manual. Orientasinya didorong untuk menggeser ke atas/tarik untuk menggeser ke bawah," kata juru bicara Audi ke thedrive.com. "Pengendara terbiasa dengannya, jadi prosesnya dipertahankan dan akan terus maju. Perlu juga dicatat bahwa Tiptronic adalah salah satu sistem transmisi 'manumatik' pertama yang tersedia. Sekarang, hampir setiap penawaran transmisi otomatis memiliki shift pilihan untuk diri sendiri." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
transmisi mobil,
#
transmisi otomatis,
#
toyota camry