MENU
icon label
image label
blacklogo

Membedakan Toyota Alphard dan Vellfire (Part 1)

JUN 09, 2020@10:00 WIB | 347 Views

Toyota Alphard awalnya adalah produk Japan Domestic Market (JDM) pada tahun 2002, yang memiliki tampilan luar yang besar, dan cepat menjadi MPV primadona di Asia. Kemudian mobil ini masuk Indonesia di tahun 2008, dan kembarannya Vellfire di tahun 2015. Menariknya Alphard dan Vellfire di tahun 2019 lalu berhasil terjual hingga 4.637 unit. Namun, BlackPals apakah bisa membedakan Vellfire dan Alphard?

Toyota Alphard awalnya muncul di bulan Mei 2002, untuk menggantikan 4 model MPV sekaligus, seperti  Granvia dan Regius. Sasis yang digunakan mula-mula pun milik Estima, namun dengan dimensi bodi yang lebih besar. Pilihan mesin pun ada dua seperti 2.400 cc 4 silinder dan 3.000 cc V6 dengan konfigurasi bangku 2-2-3 dan 2-3-3. Untuk model, ada tipe G yang berarti Grand dan V yang berarti Victory sebagai flagship. Kemudian Vellfire baru hadir di tahun 2008, plus hadirnya generasi kedua Alphard.

Vellfire awalnya diposisikan sebagai pengganti Alphard tipe V, dengan mengusung konsep power dan inovasi yang menyasar level konsumen mapan dan muda ketimbang pemilik Alphard. Sedangkan Alphard, lebih menonjolkan kesan elegan. Generasi pertama Vellfire menggunakan mesin serupa Alphard, yakni 2.400 cc 4 silinder dan 3.500 cc V6 bermodalkan teknologi Dual VVT-i, serta opsi transmisi otomatis 6-speed dan CVT.

(Alphard Generasi Pertama)

Nama Alphard sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu Alpha, yang dimaksudkan untuk menunjukkan bintang paling terang dalam gugusan rasi bintang. Penggunaan nama ini dimaksudkan ingin menonjolkan dominasi Alphard saat berada di tengah jalan. Nama Vellfire merupakan penggabungan 2 kata, yakni Velvet yang berarti kelembutan dan Fire atau api. Toyota ingin menunjukkan Vellfire memiliki desain luar dengan karakter yang cool dan passionate, dan juga nyaman.

Baca Juga : Membedakan Toyota Alphard dan Vellfire (Part 2)

Pada dasarnya, duo MPV yang memiliki model baru ini sangat identik dari bodinya, namun ternyata masih ada perbedaan sebenarnya. Alphard memiliki model depan yang begitu dominan dengan gril lebih  besar dan futuristis. Sementara Vellfire, menggunakan gril dengan ornamen bilah horizontal. Selain gril, perbedaan paling kentara adalah di sektor logo mobil yang ada di tengah gril keduanya yang mirip perisai dimana Vellfire tetap dengan lambang Toyota, sedangkan Alphard menggunakan logo khusus sesuai arti dari namanya.

(Vellfire Generasi Pertama)

Berbicara desain, Alphard dibuat sebagai Luxury MPV, sedangkan Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan high-tech. intinya, Alphard sangat cocok untuk kalangan mapan yang ingin ruang istirahat di tengah padatnya kesibukan. Sementara Vellfire didesain untuk kalangan mapan yang memilih Luxury MPV bergaya sporty dengan karakter agresif dan mewah, dengan model aerokit di bagian depan dan belakang dipadukan dengan side moulding di bagian samping. Kemudian di tahun 2018, duo MPV Toyota ini memiliki penyegaran kembali, hingga di tahun 2020, kedua mobil ini memperoleh tambahan fitur Toyota Safety Sense serta sentuhan di fitur hiburan.

Lampu utama dua mobil ini juga berbeda, seperti Vellfire punya dua pasang rumah lampu yang diletakkan melintang dengan posisi terpisah atas-bawah, sedangkan Alphard cukup sepasang rumah lampu. Desain bumper depan dan bingkai lampu kabut ikut dibedakan, selaras dengan konsep dasar keduanya.

(Vellfire generasi sekarang)

Di bagian belakang, perbedaan tampak jelas dari desain rumah lampu Vellfire yang menyipit dan bening, sedangkan Alphard lebih moderat. Keberadaan bilah krom besar pada Vellfire menjadi pembeda berikutnya dan senada dengan gaya gril depan.

(Alphard Generasi Sekarang)

Menggunakan sasis yang sama, nyatanya tak membuat dimensi mobil ini sama pula. Alphard memiliki ukuran panjang 4.945 mm, sedangkan Vellfire memiliki panjang 4.935 mm, hanya beda 10mm. Selebihnya sama, lebar keduanya mencapai 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Bersambung[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
toyota,
#
pt toyota-astra motor,
#
alphard,
#
vellfire