MENU
icon label
image label
blacklogo

Meluncur 2021 Kia Sorento Gabungkan Ruang dengan Kecepatan Ekstra

DEC 30, 2020@18:00 WIB | 356 Views

Merek Kia Sorento telah populer di kalangan konsumen karena menggabungkan harga terjangkau dengan tiga baris kepraktisan. Itu adalah formula kemenangan, tetapi tak berarti Sorento hadir tanpa kekurangan. Selain memiliki interior yang kurang sesuai disebut mewah, kehadirannya dibayangi oleh Telluride yang lebih besar dan lebih mewah.

Hal itu menempatkan Sorento dalam posisi genting, tetapi produsen telah membuat desain ulang secara menyeluruh untuk tahun 2021. Perubahan tersebut mengatasi kekurangan model, sekaligus meningkatkan apa yang sudah disukai konsumen.

Penampilan yang Lebih Edgier Dan Lebih Kasar

Sorento generasi sebelumnya adalah salah satu crossover tiga baris paling tampan, tetapi desainer Kia telah mempertajam segalanya untuk 2021. Perubahan segera terlihat di depan karena model mengadopsi grille hidung harimau edgier dengan pola seperti jala sporty yang diapit oleh lampu depan LED dan lampu siang hari dengan "garis mata" opsional.

Bergerak ke bawah sisi, crossover memiliki garis bahu yang menyapu dan bodywork yang lebih berotot. Rumah kaca cukup evolusioner, tetapi dipecah oleh aksen seperti gelombang baru di dasar pilar C.

Desainer juga memberikan makeover yang lebih sporty karena ada liftgate bergaya berat dan lampu belakang khas yang menggunakan LED pada SX.

Berbicara tentang trim, ada enam, yang berkisar dari cukup dasar hingga benar-benar mewah. Namun, bahkan Sorento LX entry-level hadir dengan lampu depan LED, kaca depan akustik, dan roda paduan 17 inci. Model dasar juga aksen krom satin, kaca privasi dan cermin warna dengan sinyal belokan terintegrasi.

Range-topping Sorento SX Prestige X-Line yang menampilkan perubahan seperti lampu kabut LED dan roda paduan 20 inci. Varian ini juga terkenal karena memiliki paket X-Line yang menambahkan rak atap beefier, aksen dark hyper silver dan body cladding matte black. Paket ini juga meningkatkan tinggi perjalanan sebesar 1 inci (25 mm), sekaligus menambahkan sistem penggerak semua roda yang lebih canggih dengan mode salju.

Sorento 2021 masih mengikut tren ukuran panjang 189 inci (4.800 mm), namun, sedikit lebih lebar dan lebih tinggi karena kedua dimensi bertambah 0, 4 inci (10 mm). Perubahan terbesarnya adalah jarak sumbu roda yang semula 110,8 inci (2.814 mm), menjadi 1,4 inci (36 mm) lebih panjang.

Interior yang baru dan lebih mewah

Sorento generasi sebelumnya memiliki eksterior yang tampan, kabinnya kurang mewah untuk sekelasnya. Desain terbarunya sangat mengejutkan dalam hal kualitas, desain, dan teknologi material.

Teknologi baru tambahannya adalah selamat datang dan klaster instrumen digital memungkinkan fungsi Blind View Monitor, yang memproyeksikan umpan video langsung dari jalur yang berdekatan ke dalam pengukur ketika sinyal giliran diaktifkan. Ini adalah fitur keselamatan yang keren dan membuat perubahan jalur di jalan raya yang sibuk kurang menegangkan.

Selain perlengkapan berteknologi tinggi, Sorento SX Prestige X-Line menawarkan kursi kulit berlubang yang bergaya dan suportif dengan guling timbul. Kedua kursi depan dilengkapi standar dengan penyesuaian daya 10 arah, dukungan lumbar daya dua arah serta pemanasan dan ventilasi, roda kemudi berpemanas yang dibungkus kulit, sistem kontrol iklim otomatis zona ganda dan sistem audio Bose 12 speaker.

Model ini juga memiliki pengisi daya smartphone nirkabel dan port pengisian USB, yang tersembunyi di bawah penutup hitam mengkilap yang merupakan magnet sidik jari. Pembeli juga akan menemukan trim kayu palsu, bahan sentuhan lembut dan sebagian besar plastik berkualitas tinggi.

Kursi baris kedua nyaman dan lebih luas dari sebelumnya karena sekarang ada ruang kaki 41,7 inci (1.059 mm). Itu meningkat 2,3 inci (58 mm) dan itu berarti penumpang kursi belakang sebenarnya memiliki ruang kaki lebih banyak daripada yang di depan.

Bangku lipat terpisah hadir standar, tetapi kursi kapten baris kedua tersedia pada varian yang lebih tinggi. Slide terakhir memiliki sandaran punggung yang dapat disesuaikan serta sandaran tangan yang dapat disesuaikan. Kursi kapten juga memiliki tombol yang secara otomatis meluncur dan memiringkannya ke depan untuk memudahkan masuk dan keluar dari baris ketiga.

Meskipun demikian, masuk ke baris ketiga bisa sulit bagi orang dewasa. Sayangnya, itu bukan pengalaman yang menyenangkan karena ruang kepala terbatas dan hanya ada ruang kaki 29,6 inci (752 mm). Penumpang baris kedua dapat menggeser kursi mereka ke depan untuk memberi penghuni baris ketiga lebih banyak ruang, tetapi masih cocok untuk orang dewasa. Meskipun demikian, kursi cocok untuk anak-anak dan remaja kecil.

Berbicara tentang ruang, ada ruang sederhana 12,6 kaki kubik (357 liter) ruangan di belakang baris ketiga. Itu tidak banyak, tetapi kursi mudah dilipat dan ini meningkatkan kapasitas kargo menjadi antara 38,5 - 45,0 kaki kubik (1.090 - 1.274 liter). Dengan kedua baris dilipat, angka itu melompat ke 75,5 kaki kubik (2.138 liter), yang kurang dari 84,3 kaki kubik (2.387 liter) yang ditawarkan oleh Toyota Highlander.

Powertrain Untuk Semua Orang

Sorento sebelumnya ditawarkan dengan dua mesin berbeda, sedangkan model 2021 memiliki empat. Dengan mesin 2,5 liter empat silinder alami yang menghasilkan 191 hp (142 kW / 194 PS) dan torsi 182 lb-ft (246 Nm). Ini terhubung ke transmisi otomatis delapan kecepatan yang dapat dipasangkan ke sistem penggerak semua roda opsional.

Ini memungkinkan SUV berakselerasi dari 0-62 mph (0-100 km / jam) dalam 9,5 detik dengan penggerak roda depan dan 10 detik datar dengan penggerak semua roda. Meskipun tidak cepat, model ini cukup efisien karena varian penggerak roda depan memiliki peringkat penghematan bahan bakar yang diperkirakan EPA sebesar 24 mpg city, 29 mpg highway dan 26 mpg combined.

Bicara penghematan bahan bakar, ada dua varian all-new hybrid untuk tahun 2021, dan berkat powertrain ramah lingkungan, Sorento Hybrid memiliki peringkat ekonomi bahan bakar yang diperkirakan EPA sebesar 39 mpg city, 35 mpg highway, dan 37 mpg combined. Itu mengesankan untuk mobil, apalagi crossover tujuh kursi.

Varian plug-in hybrid akan tiba awal tahun depan dengan baterai 13,8 kWh lebih besar, motor listrik 90 hp (67 kW/91 PS) dan all-wheel drive. Powertrain memiliki output gabungan 261 hp (195 kW / 265 PS) dan harus memungkinkan Sorento untuk melakukan perjalanan 30 mil (48 km) pada listrik saja.

Jadi bagaimana cara mengemudinya?

Dalam dua kata, sangat baik. Insinyur telah melakukan pekerjaan yang hebat di Sorento karena menyeimbangkan kenyamanan dan sportiness hampir sempurna. SUV Korea relatif gesit, sudut dengan baik dan hampir tidak menunjukkan body roll. Suspensi merendam ketidaksempurnaan jalan kecil dengan mudah.

Banyak kredit masuk ke platform N3 generasi ketiga Sorento yang baru untuk 2021. Ini lebih ringan dan lebih kuat dari sebelumnya, dan insinyur membuat pembaruan untuk meningkatkan dinamika mengemudi serta karakteristik perjalanan dan penanganan.  Semua pekerjaan ini tampaknya telah terbayar karena Sorento adalah salah satu crossover yang lebih baik untuk dikendarai.

Kemudi sedikit berat, tetapi dapat dikendalikan dan justru membuat karakteristik sporty.

Ketika tiba saatnya untuk berhenti, cakram berventilasi berukuran 12,8 inci (325 mm) di depan dan 12,0 inci (305 mm) di belakang akan beraksi. Jika Anda tipe do it yourself, ada paddle shifter dan kontrol shift manual.

Sistem penggerak semua roda bias depan, tetapi dilengkapi diferensial penguncian tengah untuk memberikan daya ekstra pada roda belakang dalam kondisi licin. Pemisahan bervariasi pada kondisi dan mode drive yang dipilih, tetapi mode Sport mengirimkan daya ke belakang dengan lebih mudah.

Harga jual

Kia Sorento 2021 sekarang dijual mulai dari $ 29.390  (sekitar 414 Juta Rupiah) lebih mahal $ 1.300 ( lebih mahal 18 Juta Rupiah) dari pendahulunya. Meski mahal, namun lebih baik dan lengkap.

Dalam bentuk LX dasar, pembeli akan menemukan pelapis kain, bangku lipat split baris kedua dan baris ketiga standar. Model ini juga memiliki AC, sistem audio enam speaker, dan sistem infotainment layar sentuh 8 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel.

Sorento tipe standar dilengkapi dengan berbagai sistem bantuan pengemudi termasuk High Beam Assist, Lane Keep Assist, Lane Departure Warningdan Lane Following Assist. Fitur keselamatan lainnya termasuk kamera spion, Intelligent Speed Limit Assist, Rear Occupant Alert, dan Forward Collision Avoidance Assist dengan deteksi pejalan kaki dan kendaraan.

Model berikutnya adalah Sorento S yang dijual mulai dari $ 31.890 (sekitar 449,6 Juta Rupiah). Peningkatannya adalah no-brainer karena menambahkan pelapis kulit, kursi depan berpemanas, dan kursi pengemudi daya 10 arah dengan dukungan lumbar. Ini juga dilengkapi dengan roda kemudi berbalut kulit, sistem kontrol iklim otomatis zona ganda, sistem infotainment yang lebih canggih dan kunci pintar dengan pengapian tombol tekan.

Sorento S juga menambahkan fitur keselamatan seperti Blind-Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist, Reverse Parking Distance Warning dan Safe Exit Assist.

Sorento EX dijual seharga $ 34.990 (493,3 Juta Rupiah) hadir standar dengan mesin 2,5 liter turbocharged dan dilengkapi beberapa peningkatan lainnya termasuk pengisi daya smartphone nirkabel dan kursi kapten baris kedua. Model ini juga memiliki Smart Cruise Control dengan Stop and Go dan sistem Forward Collision Avoidance Assist yang dapat mendeteksi pengendara sepeda.

Tipe berikutnya Sorento SX yang mulai dijual seharga $ 37.990 (535,6 Juta Rupiah). Memiliki sejumlah peningkatan eksterior termasuk lampu led daytime running, lampu belakang LED dan roda paduan 20 inci. Di dalamnya, pembeli akan menemukan kursi penumpang daya 8 arah dan sistem infotainment 10,25 inci yang lebih besar dengan navigasi GPS. Model ini juga dilengkapi dengan sunroof panorama, lampu interior LED, dan Highway Driving Assist (untuk mengontrol kemudi, akselerasi, dan pengereman kendaraan di jalan raya).

Selanjutnya ada Sorento SX Prestige yang dijual mulai dari $ 40.590 (572,3 Juta Rupiah) dan tersedia secara eksklusif dengan penggerak roda depan. Untuk mendapatkan penggerak semua roda, ada di model Sorento SX Prestige X-Line yang dijual mulai dari $ 42,590 (600,5 Juta Rupiah). Kedua model sebagian besar identik, kecuali untuk tweak gaya yang terinspirasi off-road.

Untuk yang mencari sesuatu yang lebih ramah lingkungan dapat memilih Sorento Hybrid. Dijual mulai dari $ 33.590 (473 Juta Rupiah) untuk trim S dan $ 36.590 (520 Juta Rupiah) untuk varian EX.

Harga untuk Sorento Plug-In Hybrid akan diumumkan mendekat jadwal peluncuran, tetapi pejabat Kia mengatakan akan diposisikan sebagai entri premium. Meski tak banyak perubahan, tetapi kabarnya akan menjadi saingan dari Toyota RAV4 Prime yang lebih kecil yang dijual seharga $ 38.100 (537 Juta Rupiah).

Hampir semua ada dalam crossover

Akhir-akhir ini banyak pelanggan disuguhi model seperti Telluride dan Stinger. Tren itu berlanjut dengan Sorento karena dengan model kotak rasanya jauh lebih keren dalam semua aspek.

Tentu saja ini adalah model yang nyaman dan sporty dengan mesin 2,5 liter turbocharged dan, di atas itu, ada dua pilihan hibrida ramah lingkungan. Pembeli yang sadar biaya juga belum terlupakan dan dengan mesin dasar lebih kuat serta hemat bahan bakar daripada sebelumnya.

Kia tidak berhenti disitu saja, karena Sorento memiliki interior yang sangat ditingkatkan dengan bahan berkualitas lebih tinggi dan berteknologi modern. Ruang kabin juga relatif luas dan menampilkan baris ketiga yang dapat mengakomodasi orang dewasa dalam keadaan terpaksa.

Secara keseluruhan, Sorento terlihat seperti pemenang lain untuk Kia dan itu harus menarik banyak pelanggan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
kia sorento,
#
kia sorento 2021,
#
crossover,
#
spesifikasi kia sorento,
#
review kia sorento