MENU
icon label
image label
blacklogo

Melirik Mesin yang Digunakan All-New BMW M2 Competition

NOV 26, 2018@11:00 WIB | 1,096 Views

All-New BMW M2 Competition menggunakan Mesin bi-turbo enam silinder in-line dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo mampu hasilkan tenaga 410 HP diantara 5,250 dan 7,000 rpm. Torsi puncak yang mampu dihasilkan adalah 550 Nm diantara 2,350 dan 5,200 rpm. Mesin ini mampu mengakomodasi putaran mesin tinggi dan mengisi setiap rentang RPM dengan menyeimbangkan tenaga dari dua Turbocharged. Sistem dual exhaust dengan flap yang dikendalikan secara elektrik juga ciptakan suara mesin khas BMW M di saat yang sama mesin BMW M TwinPower Turbo tetap ciptakan efisiensi yang luar biasa. Desain double-twintail pipe menggunakan finishing baru pada keempat ujungnya, dengan finishing krom hitam, menonjolkan ciri maskulin dari lini BMW M.

All-new BMW M2 Competition mampu mencatat 0 – 100 km/h dalam waktu 4,2 detik untuk M Dual Clutch Transmission dan 4,4 detik untuk manual gearbox 6-percepatan. Lebih dari itu, BMW untuk pertama kalinya merilis kedua pilihan transmisi ini untuk pasar Indonesia. Kecepatan puncak kendaraan ini dibatasi secara elektronik hingga 250km/jam. Konsumsi bahan bakar pada transmisi 6-percepatan manual gearbox tecatat 10,2km/l dengan emisi CO2 223g/km. Sementara untuk opsi transmisi M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan, konsumsi bahan bakar menurun menjadi 11 km/l dan emisi CO2 207g/km.

Sistem distribusi pelumas yang cerdas pada mesin kendaraan ini terinspirasi langsung dari motorsport, sementara sistem pendinginan mesin diambil dari BMW M4 Competition Package yang telah disesuaikan. Grille ‘ginjal’ khas BMW juga diperbesar serta bumper dengan lubang udara yang lebih besar meningkatkan aliran udara segar adalah ciri eksterior untuk sistem pendinginan yang lebih baik. Kidney grille ini dilapisi dengan finishing highgloss Shadow Line warna hitam sebagai model standarnya. Hal ini juga diaplikasikan pada side gills, serta pada quartet tailpipes di double-twintail pipe. Kehadiran BMW M Competition Badge berwarna gelap di bagian belakang pertajam desain kendaraan ini. Desain double-arm wing mirrors juga makin tingkatkan aerodinamika serta merupakan karakteristik khusus BMW M2 Competition.

Para ahli BMW M  juga meningkatkan kenikmatan berkendara dan performa dari BMW M2 Competition ke tahap yang lebih tinggi. Strutbar CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) yang mencolok dari BMW M3/M4 turut mendominasi kompartemen mesin. Strutbar CFRP ini tingkatkan rigiditas bagian depan dan tingkat presisi lingkar kemudi. Karakteristik pada electromechanical power steering, Active M Differential dan sistem Dynamic Steering Control (DSC) juga telah melewati tahap fine-tuning dan disesuaikan sehingga membuat pengendara jauh lebih nyaman dan menikmati sensasi berkendara dari mobil ini.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
bmw,
#
bmw ag,
#
bmw indonesia,
#
bmw m2 competition,
#
all-new bmw m2 competition,
#
bi-turbo enam silinder in-line,
#
bmw m twinpower turbo