MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Recall Ribuan Mobil Supercar Karena Masalah Korosi Tangki Bahan Bakar

MAY 07, 2020@12:00 WIB | 200 Views

Ada sekitar 2763 unit mobil  supercar Inggris yang  dilaporkan badan keselamatan lalu lintas  Amerika Serikat National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA)  terkait hal sepele.  Sebuah bantalan busa yang dipasang untuk memperkokoh tangki dianalisis menjadi penyebab utama terjadinya korosi, karena kelembapan. 
 

Baru dua laporan kasus yang terjadi,  perihal bau bensin pada supercar Inggris tersebut.  Karena secara  fisikawi kelembapan pada busa bisa menyerang permukaan logam,  sifat korosif ini yang lambat laun akan mengakibatkan kebocoran bensin,  dan klimaknya membuat bencana kebakaran sebagai skenario terburuk.  
 

Dari 573 laporan penarikan yang sudah teraudit,  kasus pertama yang terjadi dilaporkan pada 14 Januari 2019, ketika pelanggan di Latvia melaporkan dirinya mencium bau bensin dari McLaren 570 GT miliknua.  Setelah diganti dengan tangki baru, tangki yang rusak kemudian dilaporkan  ke pusat McLaren  di Woking, Inggris.  
 

Pihak McLaren akhirnya mengirimkan tangki bocor tersebut ke perusahaan pemasok.  Analisis dilakukan pakar dan pada 13 Mei 2019, mereka menyimpulkan bahwa  kasus ini tergolong spekulatif.  Karena kasus potensial terjadi bilamana tangki dan air garam bertemu menyebabkan proses micro-poration, sebuah proses teknis mikro biology yang menginfeksi permukaan membran, karena voltase listrik yang tinggi. 



Sementara kasus lain  terjadi di Amerika Serikat. kasus yang sama terjadi pada McLaren  570 GT dilaporkan pada  Februari 2020.  Atas kasus tersebut,  McLaren  mempertimbangkan klaim garansi untuk menentukan insiden tersebut.  Atas dua kasus ini kantor pusat McLaren memutuskan untuk membuka internal investigasi pada masalah minor ini. 
 

Hampir semua supercar mulai daei Sports Series 720S dan Senna limited edition juga termasuk bagian dari recall, dengan rentang produksi mulai  dari awal Mei 2016 hingga 20 Maret 2020.  Untungnya McLaren tidak menyebut Elva, atau Speedtail,  Ultimate Series yang mencakup 720S dan Senna serta 765LT.  



Dealer akhirnya memutuskan untuk membuang papan busa untuk tangki bahan bakar yang menyebabkan korosi.  Bila dibutuhkan  harus mengganti tangki.  "Apa yang terjadi pada foam pad, itu diputuskan tidak ada komponen pengganti. Sementara  foam pad bagian dari NVH componen, dan ketika dibuang tidak mempengaruhi integritas mobil itu sendiri," tutur ahli McLaren.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
mclaren,
#
british supercar,
#
mclaren 570gt,
#
recall fuel tank