MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Elva Milik Fernando Alonso Dijual Dengan Harga 3 Juta Dolar AS

NOV 25, 2023@16:30 WIB | 233 Views

McLaren Elva 2022 milik Fernando Alonso akan dilelang di Bonhams Abu Dhabi menjelang balapan F1 terakhir musim ini, dan diperkirakan akan terjual dengan harga hampir $3 juta (Rp 46,8 miliar). Hypercar tanpa atap ini dibuat khusus untuk juara Formula 1 dua kali itu, yang baru mendapatkannya tahun lalu. Elva ini hanya menempuh jarak tiga mil (5 km).

Pebalap asal Spanyol ini tidak hanya dua kali menjadi juara Formula 1, namun pada kemenangan pertamanya pada tahun 2005, ia menjadi orang termuda yang pernah meraihnya pada usia 24 tahun. Selama satu setengah dekade berikutnya, ia terus menjadi pesaing dalam olahraga ini dan meraih podium. Kemudian, pada tahun 2019, ia memutuskan untuk pensiun, yang merupakan akhir dari karier F1nya yang cemerlang.

McLaren Elva dibangun oleh ahli teknik yang luar biasa dari McLaren Special Operations, hanya 149 unit yang dibuat untuk memberikan pemilik pengalaman berkendara terbaik dan tanpa beban dari mobil sport tanpa atap dan jendela dengan kecepatan tertinggi 208 mph (335 km/jam). Tenaga diberikan oleh mesin V8 4.0 liter twin-turbocharged yang menghasilkan 804 tenaga kuda dan torsi 590 lb-ft, dengan akselerasi 0-60 mph hanya dalam 2,7 detik.

Mobil ini tampak luar biasa untuk dikendarai, seperti yang dibuktikan oleh pembalap McLaren F1 Lando Norris beberapa waktu lalu, saat melaju di trek F1 Silverstone yang terkenal. Salah satu fiturnya yang paling keren adalah aerodinamisnya. Terdapat ventilasi di kap mesin, dan pada kecepatan tinggi, tercipta zona tekanan rendah yang memaksa udara melewati penumpang sehingga membuat pengalaman berkendara lebih baik.

Tentu saja, hal ini tidak cukup baik bagi legislator AS, dan banyak Elva yang dijual di AS dilengkapi dengan kaca depan. Untungnya Fernando tidak tinggal di AS, jadi mobilnya adalah versi tidak berjendela. Awalnya dijual seharga $1,65 juta (Rp 25,7 miliaran), mobil ini bernomor 114 dari 149 dan hadir dalam skema warna perak dan oranye yang indah. Ini adalah kendaraan yang mencolok, yang pasti akan membuat setiap penggemar serius senang memilikinya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mclaren elva,
#
mclaren