MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Patenkan Mobil RWD Bermesin Rotary Dengan Teknologi Hybrid

JAN 11, 2022@17:30 WIB | 180 Views

Sudah hampir satu dekade sejak Mazda membuat mobil bermesin rotary. Yang terakhir diluncurkan adalah RX-8 yang berhenti produksi pada tahun 2012. Sejak itu, banyak rumor beredar tentang penerus dari Mazda RX-8, tetapi tidak ada yang terwujud. Mazda memang mengatakan bahwa mereka akan membawa mesin yang tidak biasa ini kembali pada tahun 2019, meskipun sebagai range extender untuk crossover listrik MX-30 2022.

Mazda tampaknya masih belum menyerah dengan mesin rotary. Kali ini, sebuah paten mengisyaratkan sesuatu yang lebih menarik daripada range extender di crossover listrik kecil MX-30 2022. Pengajuan paten terbaru oleh Mazda menunjukkan bahwa perusahaan asal negeri Sakura ini sedang mempertimbangkan penggerak roda belakang, mobil bertenaga putar dengan teknologi hybrid.

Ini bukan pertama kalinya Mazda mematenkan sistem rotary-hybrid. Beberapa tahun yang lalu, Mazda mengajukan paten kendaraan dengan mesin pembakaran dan motor listrik. Disebutkan juga bahwa mobil ini dapat dipasangkan dengan generator listrik rotary. Namun, paten baru ini secara eksplisit menunjukkan mesin rotary di bagian depan. Tak hanya itu, kendaraan yang dipatenkan ini akan menggunakan susunan tiga rotor. Terakhir kali Mazda melakukannya adalah dengan coupe Cosmo dari awal 90-an. Mengingat tata letaknya, bisa jadi 3 motor ini adalah basis dari platform penggerak roda belakang Mazda terbaru. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
rotary hybrid