MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Patenkan Desain Mesin Rotary dalam Sistem Hybrid, RX-9?

APR 21, 2020@14:20 WIB | 102 Views

Akankah Mazda akan menghadirkan mobil sport berbasis mesin rotary lagi? Tidak ada yang tahu mengingat pabrikan otomotif Jepang sudah berhenti di seri RX-8 tahun 2012 lalu karena memang terbukti jika penggunaan mesin jenis ini dirasa kurang efektif.

Walaupun begitu selama delapan tahun berlalu banyak rumor muncul dan tenggelam jika mesin rotary Mazda akan bangkit, mungkin di RX-9. Rumor ini beberapa kali terbukti dalam sejumlah lembar pengajuan hak paten dari Mazda untuk desain rotary. Bahkan bukti terbaru terungkap jika Mazda akan memasukkan mesin unik ini dalam skema hybrid.

Berkas paten ini menunjukkan jika mesin rotary akan jadi “bintang utama” dalam sebuah setup rangkaian mesin yang rumit. Walau jadi tumpuan, mesin rotary dalam setup ini tidak akan bertugas menggerakkan roda secara langsung.

Rotary akan berpasangan dengan motor electric menggerakkan roda belakang dan menambah tenaga pada mesin. Motor elektrik ini bekerja dengan asupan tenaga dari baterai kapasitas kecil serta inverter.

Unik? Tunggu dulu, gilanya lagi, di dalam rangkaian terdapat dua inverter dan kapasitor dua lapis terletak di bagian depan mobil bersama sang mesin. Sedangkan di masing-masing roda depan terdapat motor pusat dengan voltase tinggi. Keren kan Blackpals? Kini kita bisa melihat sistem all-wheel drive dengan bantuan kapasitor, yang menyimpan energi lebih baik dari baterai dan juga tentu lebih ringan.

Jadi bila motor pusat membutuhkan tenaga, kapasitor akan menyemprotkan dayanya dan kembali mengisinya saat kendaraan mengerem. Nah, jika dayanya tidak cukup hanya dari idle, maka baterai onboard akan menutup kebutuhan listriknya.

Jika energi dari kapasitor tidak dibutuhkan maka ia juga akan membantu baterai onboard mengisi dayanya. Rumit memang namun sistem diperkirakan dapat menghemat bobot keseluruhan mobil dan untuk Mazda sendiri sangat mungkin untuk diterapkan.

Konsep menarik dan memikat, tapi apakah akan naik produksi? Kelihatan dari kerumitan teknologinya, kemungkinan bilapun mobil jenis ini akan dibuat, ia akan masuk kelas mobil sport kelas atas. RX-9 atau Mazda RX-Vision kah? Mari kita pantau saja terus. [leo/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
desain mesin rotary,
#
sistem hybrid,
#
rx-9,
#
rx-8