MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda MX-30 Varian Mild Hybrid Mulai Dijual di Jepang

AUG 12, 2020@13:00 WIB | 269 Views

Diperkenalkan secara resmi pada bulan Oktober tahun lalu di Tokyo, kendaraan listrik Mazda MX-30 ini dilengkapi dengan motor listrik dengan tenaga 141 hp dan torsi 264 Nm. Ini menarik listrik dari baterai lithium-ion di bawah lantai 33,5 kWh yang mendukung pengisian AC dan DC, yang terakhir memungkinkan pengisian daya 80% dalam 40 menit melalui koneksi CCS dengan output 50 kW, dan jangkauan sekitar 209 km pada tes siklus WLTP.

Kini, Mazda telah mengumumkan versi powertrain hybrid ringan untuk SUV CX-30 . Dijuluki e-Skyactiv G, powertrain menggabungkan mesin bensin 2.0 liter Skyactiv-G dengan sistem penggerak hybrid ringan, meskipun Mazda belum mengungkapkan detail pasti untuk set-up mild-hybrid, seperti angka keluaran, tetapi Mazda akan tetap menjual di Negara asalnya pada musim gugur mendatang.

Pada tahun 2013 lalu, pabrikan mobil Jepang itu mengembangkan prototipe Demio (Mazda 2) EV dengan mesin rotary Wankel rotor tunggal 330 cc yang menghasilkan tenaga 38 hp, dan pada jarak tempuh 380 km. Hampir dua kali lipat dari prototipe Demio EV asli di 200 km, yang merupakan angka yang mirip dengan CX-30.

Produksi MX-30 telah dimulai pada bulan Mei dengan dimulainya kembali operasi manufaktur Mazda secara global. MX-30 sedang dibuat di pabrik Ujina No. 1. Ini digabungkan dengan pembangunan kembali di pabrik Ujina No. 2 serta kedua pabrik di Hofu, Yamaguchi. Selain pengenalan MX-30 hybrid ringan, penyewaan versi listrik sepenuhnya dijadwalkan juga akan dimulai dalam tahun ini.

MX-30 menarik isyarat desain dari masa lalu dan Mazda masa kini, dengan 'freestyle doors”  belakang seperti yang dinamai oleh Mazda, yang mengingatkan pada pintu suicide RX-8 . Seperti pada mobil sport, pintu belakang MX-30 hanya dapat dibuka setelah pintu bagian depan terbuka.

Bagian dalam, MX-30 mendapatkan pengaturan konsol tengah mengambang yang merupakan rumah bagi Commander Control interface untuk sistem infotainment Mazda Connect. Pengemudi juga mendapat instrumentasi digital, serta setir dengan desain Mazda saat ini. [ibd/timBX]

Tags :

#
mazda mx-30,
#
mild hybrid,
#
mobil hybrid,
#
mazda