MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Masih Tutup Mulut Soal Potensi Kedatangan CX-5 Turbo

OCT 21, 2018@12:15 WIB | 318 Views

Mazda CX-5 Turbo akan resmi dijual di Jepang pada akhir November mendatang. Mesin turbo ini akan menggantikan peran naturally aspirated yang sudah setia menemani Mazda CX-5 sejak generasi pertamanya.

Mesin SKYACTIV-G dengan perangkat turbocharged yang akan dipakai oleh Mazda CX-5 merupakan unit yang sama dengan yang digunakan oleh Big SUV Mazda CX-9.

Jantung pacu tersebut memiliki kapasitas sebesar 2.488 cc empat silinder segaris yang mempunyai tenaga sebesar 229 dk di 5.000 rpm, dan torsi 420 Nm yang sudah bisa didapatkan pada 2.000 rpm.

Dengan kapasitas yang identik, tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin dengan turbocharged itu jelas jauh lebih besar ketimbang mesin naturally aspirated alias tanpa turbo.

Mazda: Hybrid Itu Gak Penting
Mesin Mazda CX-5 akan dipasangkan perangkat turbocharged

Bayangkan saja, dengan menggunakan mesin berkapasitas 2.488 cc empat silinder segaris naturally aspirated, Mazda CX-5 memiliki tenaga sebesar 190 dk yang didapat pada 6.000 rpm, dan torsi 251 Nm di 3.250 rpm.

Jika berpatokan pada angka tersebut, dipasangkannya perangkat turbocharged pada mesin Mazda CX-5 tak hanya membuat mobil ini jadi lebih kencang, namun juga menjadikan Medium SUV ini semakin hemat BBM.

Pasalnya, adanya perangkat turbocharged membuat Mazda CX-5 bisa meraih tenaga dan torsi maksimal di putaran mesin yang lebih rendah. Dengan demikian, mesin tak perlu bekerja keras untuk meraih tenaga dan torsi maksimal.

All New Mazda CX-5 Anniversary Edition 2018
Interior Mazda CX-5

Kalau kita melihat apa yang dimiliki oleh Mazda CX-5 Turbo, mobil ini memang terlihat lebih menarik ketimbang yang masih mengandalkan mesin naturally aspirated. Lalu, adakah peluang Mazda CX-5 turbo untuk masuk ke Indonesia?

“Kami belum bisa berbicara banyak soal potensi datangnya Mazda CX-5 turbo ke Indonesia. Kita lihat saja bagaimana perkembangan dari mobil ini bersama-sama,” kata Roy Arman Arfandi, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia.

Roy Arman Arfandi menambahkan, semua mobil Mazda yang dijual di Indonesia saat ini didatangkan langsung dari Jepang, termasuk CX-5. Jadi jika Mazda Jepang menghadirkan mobil baru, maka kita akan berupaya untuk mendatangkan produk baru tersebut ke Indonesia secepat mungkin.

Pernyataan itu seolah menyiratkan kalau cepat atau lambat, Mazda CX-5 Turbo akan dijual di Indonesia. Hanya saja, Mazda belum mendapatkan momen yang tepat untuk membawanya ke sini.[ap/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
mazda cx-5 turbo