MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Konfirmasi CX-5 Gunakan Mesin Inline-6 dan Platform Baru

JUL 12, 2021@20:00 WIB | 122 Views

Banyak yang sudah dikatakan tentang generasi berikutnya dari Mazda CX-5. Model terlaris dalam jajaran produksi Mazda ini akan mengalami perombakan besar. Beberapa foto bocoran menunjukkan sesuatu yang diduga prototipe Mazda CX-5 masa depan tersebut sedang diuji di Amerika Serikat pada bulan Mei 2021 lalu. Meski demikian, mungkin berita terbesar soal iterasi mobil crossover edisi berikutnya ini bukanlah soal pengujian Mazda CX-5 tersebut. Melainkan, kabar bahwa Mazda CX-5 edisi berikutnya akan menggunakan platform baru dan ditenagai oleh mesin inline-6.

Dalam sebuah presentasi kepada wartawan di Australia belum lama ini, Managing Director Mazda Australia, Vinesh Bhindi, telah mengonfirmasi tentang kedua hal tersebut. "Mazda akan terus berinvestasi dalam mesin pembakaran berefisiensi tinggi, yakni dengan SkyActiv-X dan keluarga mesin inline-6 generasi baru, yang akan menggerakkan produk platform besar generasi baru kami, yaitu Mazda CX-5 ke atas," ungkap Bhindi dalam presentasi kepada wartawan, seperti yang dikutip dari Carsales Australia.

Meskipun sudah dikonfirmasi secara resmi oleh pabrikan asal Jepang tersebut, informasi lebih detail tentang platform baru dan mesin inline-6 ini masih langka hingga saat ini. Sebuah laporan awal tahun ini mengatakan, pihak Mazda akan memulai produksi kendaraan inline-6 penggerak roda belakang itu pada awal 2022 mendatang.

Pabrikan berharap dapat mempertahankan mesin dieselnya, meskipun model hybrid Mazda CX-5 juga sedang dikerjakan. Selain itu, sistem penggerak roda belakang dan penggerak semua roda juga diharapkan hadir dalam sedan Mazda6. Kendaraan Mazda besar lainnya kabarnya juga akan diperbarui, dan juga akan menggunakan platform baru. Tapi, untuk saat ini, Mazda memprioritaskan CX-5 terlebih dahulu dalam hal pengembangannya. Model ini telah menjadi penghasil uang bagi karyawan Mazda. Bahkan, penjualannya terus bergerak hingga 361.051 unit pada tahun 2020 meskipun dihantui pandemi Covid-19.[ibd/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
cx-5,
#
mazda cx-5,
#
mesin inline-6,
#
model hybrid