MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda CX-50 Meluncur Dengan Teknologi Hybrid Buatan Toyota

JUL 10, 2024@14:00 WIB | 322 Views

Mazda baru-baru menghadirkan sebuah SUV terbaru yang diberi nama CX-50. Mobil yang masuk ke segmen antara compact dan medium crossover ini hadir dengan penggunaan teknologi Hybrid yang ternyata menggunakan basis dari Toyota.

Sebelum membahas soal tampilan desain, kita membahas yang menjadi highlight utama dari mobil ini yaitu mesin Hybrid-nya. Soal konfigurasi mesin, mobil ini mengusung kapasitas 2.500cc, 4 silinder yang dipadu dengan tiga motor listrik dan baterai kecil yang belum diketahui kapasitasnya.

Soal performa, mesin ini menghasilkan tenaga gabungan 219 Hp dan torsi 221 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaga ke penggerak All-Wheel Drive atau AWD dan dipadu dengan transmisi CVT yang punya sensasi perpindahan gigi yang sigap dengan beberapa sistem elektronik yang terpasang.

Mazda menyebut penggunaan teknologi Hybrid dari Toyota ini bukan tanpa alasan. Disebutkan, sistem Hybrid ini diklaim performa yang sangat mumpuni, dan konsumsi BBM yang sangat irit di 38 mpg.

Lanjut ke desain, tampang depan Mazda CX-50 ini kurang lebih masih mengadopsi model grille Kodo khas Mazda kekinian. Grill ini dipadu dengan model lampu sipit dengan dua bulatan lampu di dalamnya. Serta model bumper bawah ini juga cukup sporty namun tetap memiliki kesan kekar khas sebuah SUV.

Lanjut ke sisi samping, mobil ini terlihat punya proporsi yang lebih mengotak. Nyaris tidak ada lekukan tajam terutama di pilar C yang seolah memberi kesan sebuah SUV coupe. Model jendela juga dibuat lebih mengotak serta dipadu dengan model spion sporty khas Mazda.

Untuk sektor kaki-kaki, Mazda CX-50 mengusung model velg multispoke yang memadukan kesan antara elegan dan sporty. Untuk ukuran ban sendiri, Mazda menghadirkan pilihan ukuran mulai dari 17 hingga 19 inch tergantung varian yang dipilih.

Pada bagian belakang, kesan mengotak yang tangguh namun sporty tetap dipertahankan. Beberapa elemen ciri khas Mazda seperti model lampu belakang yang sipit, serta model bumper sporty dengan dua knalpot asli tetap dipertahankan dari berbagai model Mazda lainnya.

Lanjut ke interior, ada beberapa ubahan desain yang cukup berbeda dibanding kebanyakn produk Mazda kekinian. Meski secara urutan penempatan masih sama dengan panel instrumen digital dan Head Unit Mazda Connect model floating yang mirip dengan kebanyakan Mazda.

Ubahan terlihat dari penempatan kisi AC bagian tengah yang disatu sisi diletakan vertikal dekat dengan kolom setir. Lalu satu sisi kisi AC tengahnya diletakan horizontal dan dibuat menyambung dengan panel dashboard penumpang depan.

Mazda CX-50 Hybrid sendiri melengkapi lini varian mobil ini yang juga tersedia dalam mesin konvensional atau ICE. Ada tiga varian Hybrid yang dihadirkan yaitu Preferred, Premium, dan Premium Plus. Soal harga, Mazda CX-50 Hybrid dijual dengan harga mulai 33.970 hingga 40.050 Dollar AS atau setara 551 hingga 650 jutaan Rupiah. [edo/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
cx-50,
#
suv,
#
crossover,
#
hybrid,
#
toyota,
#
mobil terbaru

X