MENU
icon label
image label
blacklogo

Master of Metal: Moto Guzzi 1000SP dari Shiny Hammer

FEB 07, 2021@09:00 WIB | 361 Views

Kami terpesona dengan cafe racers Moto Guzzi klasik. Tapi kami lebih menyukainya ketika seseorang “mengacaukan” sedikit formulanya. Seperti 1000 SP yang ramping dan unik dari Prancis ini, yang memadukan gaya konvensional dan tidak ortodoks untuk menghasilkan efek yang hebat.

Itu datang dari Samuel Aguiar, seorang pria multi-talenta yang mendesain furnitur serta sepeda motor. Dia menjalankan bengkel Shiny Hammer di Saint-Quentin, sebuah kota dekat perbatasan Belgia di Prancis utara.

Kreasi Samuel sebelumnya termasuk skuter listrik bergaya Rocketeer dan Shovelhead yang menakjubkan. Rancangan keduanya yang fantastis tetapi memiliki sedikit kesamaan dengan Guzzi ini.

"Yang ini didasarkan pada 1981 1000 SP," kata Samuel. “Sepeda donor telah jatuh, dan roda depan pada dasarnya macet di mesin. Saya harus membuat motor 'lurus' sebelum membuat mod apa pun. Tapi di bagian mesin, hanya alternator yang rusak.”

'Spada', demikian sebutannya, adalah sepeda motor yang sangat baik pada masanya. Memiliki handling yang tajam, sistem pengereman terintegrasi, dan kemampuan touring sepanjang hari. V-twin yang santai mengirim sekitar 70 tenaga kuda ke penggerak poros Guzzi tradisional, dan sepeda motor bisa meluncur dengan kecepatan 100 mph selama berjam-jam.

Gaya plastiknya belum terlalu kuno, dan itulah hal utama yang telah diperbaiki Samuel. “Ide saya adalah memulai dengan gaya yang 'dikenal' untuk tangki bahan bakar, dan kemudian sedikit lebih tidak biasa pada spatbor depan,” katanya. “Saya ingin semacam 'cafe racers yang aneh'.”

Ini adalah rancangan pribadi, jadi Samuel memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi beberapa ide. “Saya selalu berkata pada diri sendiri bahwa saya akan menjual proyek yang sedang saya kerjakan, tapi kemudian saya jatuh cinta padanya! Saya menyimpan sebagian besar rancangan saya, karena semuanya sangat berbeda.”

Setelah melakukan pemeriksaan dan servis menyeluruh pada mesin, Samuel mengganti Dell'Ortos 32mm dengan sepasang unit 36mm yang perkasa. Sistem pembuangan stainless dibuat khusus, dengan pipa lurus ganda yang menyembunyikan sekat untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Set belakang Tarozzi terletak di atas upkick di pipa, dan shock bergaya vintage adalah unit oleo-pneumatik dari Fournales — dengan pegas udara yang dapat disetel dan diberi tekanan dengan pompa ban sepeda motor standar.

Garpu adalah stok tetapi diperbarui, diturunkan sedikit, dan ditingkatkan dengan rem Brembo. Samuel juga membulatkan dan memoles tripel teratas, tepat di belakang Motoscope Pro — dasbor digital Motogadget generasi terbaru.

Stok roda mag 18 inci telah diganti dengan pelek Morad dengan diameter yang sama, lebar 2,5 [F] dan 3,5 [R]. Mereka beralas set baru ban Avon Roadrider AM26 .

Ada silinder master depan Beringer dengan tuas khusus yang dihubungkan ke Brembos depan, tetapi master silinder belakang berasal dari skuter 50cc dan beroperasi melalui linkage khusus.

Permukaan yang keras berada di pengerjaan logam. Seperti semua hal lain di Guzzi ini, selain jok kulit abu-abu, Samuel menanganinya sendiri di bengkelnya.

"Saya ingin bisa mengelas aluminium selama bertahun-tahun," katanya, "dan memutuskan untuk mempelajari proyek ini." Dia membeli tukang las TIG dan benar-benar belajar saat bekerja, meskipun Anda tidak akan pernah tahu.

Bodywork semuanya baru, dan semua aluminium. Bentuk tangki dan fairing (lengkap dengan lampu depan skuter Peugeot Ludix) dinilai sempurna, tetapi spatbor depan dan unit ekor yang diperpendeklah yang memberikan sentuhan.

Tidak ada cat pada pengerjaan logam untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan. “Saya berpikir tentang cat hitam atau abu-abu, tetapi memutuskan untuk hanya memolesnya dan menambahkan lapisan bening,” kata Samuel.

Logam mentah adalah trik yang sulit dilakukan, karena tidak ada tempat untuk bersembunyi. Tapi itu menjadi tampilan khas Shiny Hammer — dan Samuel memiliki kemampuan untuk membuatnya bekerja. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
moto guzzi 1000sp,
#
shiny hammer,
#
motor custom,
#
cafe racers,
#
moto guzzi klasik