MENU
icon label
image label
blacklogo

Masih Jadi Perdebatan, Inilah 5 Mobil Italia Paling Ikonik

FEB 02, 2022@16:00 WIB | 445 Views

Pertanyaan mengenai apakah mobil Italia paling ikonik adalah salah satu topik yang bisa memicu perdebatan sengit. Walaupun mobil yang dimiliki adalah mobil terbaik yang diproduksi oleh salah satu pabrikan otomotif, namun, seperti yang sering terjadi, mobil yang dimiliki belum tentu menarik di mata orang. Hal seperti ini jarang terjadi pada mobil buatan pabrikan asal Italia, tiap orang pasti akan mengaguminya dan tentu saja rela untuk mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya.

Dengan banyaknya mobil-mobil ikonik yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Italia, sangat sulit menentukan mana mobil yang paling ikonik diantara semua itu. Oleh karena itu, untuk memperpanjang perdebatan mengenai topik ini, berikut 5 mobil Italia yang paling ikonik:

1. Lancia Lambda

Beberapa generasi yang lalu, Lancia adalah merek yang terkenal dengan inovasi teknis-nya. Salah satu dari hasil inovasi teknis ini adalah Lambda tahun 1920-an. Mobil ini memiliki performa yang sangat baik pada masanya. Lambda sendiri menjalankan iterasi awal dari Lancia V4 yang terkenal tetapi lebih dari itu, Lambda adalah mobil pertama yang memelopori penggunaan unitary stressed body dan suspensi depan independen. 

Mobil ini pun pada masa itu sudah menggunakan body monocoque, berpuluh-puluh tahun lebih maju dari zamannya. Bahkan, mobil balap sport pada tahun 1960-an pun masih banyak yang belum beralih ke monocoque.

2. Lamborghini Huracan Evo RWD

Jajaran supercar buatan Lamborghini sebagian besar adalah mobil Italia yang ikonik, tetapi secara objektif, jajaran supercar tidak menawarkan performa yang ikonik pula. Permasalahan inilah yang dialami sering kali dialami oleh pabrikan asal Italia ini, bahkan hingga era kepemilikan Audi yang lebih ketat. 

Bahkan Huracan, supercar teranyar Lambo saat ini, dianggap oleh para kritikus sebagai supercar yang biasa saja saat diluncurkan pertama kali pada tahun 2014. Tetapi, Huracan benar-benar mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Performante, Evo dan sekarang, Evo RWD, semuanya benar-benar supercar yang bisa bersaing di kelasnya, melawan 720S McLaren serta 488 dan F8 Tributo dari Ferrari. Dengan Evo RWD, Huracan adalah supercar buatan Lamborghini yang benar-benar luar biasa.

3. Maserati Bora

Beberapa orang mungkin memuji Honda NSX atau Audi R8, sebagai supercar pertama yang dapat digunakan sebagai kendaraan harian. Tetapi kedua mobil yang disebutkan sebelumnya bukanlah yang pertama. Perkenalkan Maserati Bora, supercar bermesin tengah yang dirancang pada tahun 1969 yang menawarkan kepraktisan, kenyamanan, dan desain yang canggih. Elemen-elemen yang biasanya ada pada sebuah supercar terdapat pada mobil ini, seperti suspensi independen, mesin V8 yang memukau, dan gaya wedge yang ramping oleh Giugiaro di masa Italdesign-nya.

Apa yang tidak dimiliki supercar lain, adalah pedal yang dapat disesuaikan, rak kemudi yang dapat disesuaikan, AC yang baik, jendela elektrik, soundproof yang lumayan efektif dan boot dengan ukuran yang cukup. Sayang sekali, supercar tidak mendapatkan tempat di hati para pecinta dunia otomotif, dengan hanya di bawah 600 terjual dalam tujuh tahun penjualannya.

4. Pagani Zonda

Hampir semua khalayak otomotif mencibir Pagani Zonda pada saat baru dirilis pada tahun 1999. Pada saat itu, Pagani adalah nama baru yang relatif tidak dikenal, mobilnya sangat boros bensin dan banyak orang mengatakan Pagani memiliki desain yang kurang berkelas. Pagani sendiri sering digambarkan sebagai TVR-nya Italia. Tak mau tenggelam dalam anggapan miring ini, Pagani mengejutkan industri dan jurnalis otomotif dunia dengan memproduksi salah satu supercar Italia terbaik yang pernah dibuat. 

Performa supercar ini pun tak bisa dianggap remeh dan mudah dikendarai serta penampilannya yang menakjubkan. Dibekali mesin Mercedes-AMG V12 dengan torsi yang tidak main-main, kemudi dan sasis terkalibrasi dengan baik, kopling ringan dan kabin lapang, mobil ini bisa dikatakan adalah penerus tak langsung Lamborghini Countach di zaman post-modern.

5. Ferrari 458 Spesial

Banyak jurnalis otomotif dunia setuju bahwa 458 Speciale adalah Ferrari terbaik yang pernah dibuat dan oleh karena itu, mobil Italia terbaik yang pernah dibuat. Harus diakui, spesifikasi yang ditawarkan oleh supercar ini tidaklah main-main. 

Dibekali mesin V8 4,5 liter dengan output sebesar 600PS (441kW) di 9.000rpm, transmisi dual-clutch, dan perangkat elektronik canggih, semua terpasang pada platform 458 yang telah teruji. Siapa pun yang pernah mengendarai mobil ini akan mengatakan bahwa Speciale secara objektif adalah salah satu mobil Italia terbaik yang pernah diproduksi. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lancia lambda,
#
pagani zonda,
#
ferrari 458 spesial,
#
maserati bora,
#
lamborghini huracan evo rwd