MENU
icon label
image label
blacklogo

Maserati Ungkap Tampilan Mobil Balap Bertenaga Listrik Pertama Mereka, Siap Tampil di Formula E?

DEC 08, 2022@13:00 WIB | 874 Views

Seperti yang sudah diketahui, mulai tahun 2023 Maserati akan berlaga di kejuaraan Formula E, bergabung dengan tim ROKiT Venturi Racing yang berbasis di Monaco.

Maserati mengumumkan comeback-nya ke ajang motorsport di awal tahun. Sekarang saatnya mengungkap mobil balap single-seater yang siap berlaga di Formula E, mobil balap ini diberi nama: Maserati Tipo Folgore Gen3.

Di jalanan Modena, Italia, tim baru Maserati MSG Racing meluncurkan mobil yang akan dikemudikan oleh Maximilian Günther dan Edoardo Mortara.

Maserati Tipo Folgore merupakan mobil yang akan ambil bagian dalam musim kesembilan kejuaraan Formula E, yang akan dimulai pada 14 Januari di Mexico City. Maserati Tipo Folgore adalah nama yang memiliki beberapa arti.

Penunjukan nama tersebut mengingatkan dua hal penting bagi perusahaan Italia. Tipo, seperti Tipo 26, adalah mobil balap pertama Maserati. Mobil balap tersebut menang di kelasnya pada debut Targa Florio pada tahun 1926.

96 tahun kemudian, nama mobil balap single-seater itu juga menyertakan kata "Folgore", yang mengidentifikasi model 100% bertenaga listrik dari pabrikan mobil tersebut.

Maserati Tipo Folgore dirancang untuk menawarkan tampilan dan nuansa kontemporer, sekaligus diklaim pabrik sebagai mobil Formula E tercepat dan paling efisien hingga saat ini.

Seperti semua mobil balap Gen3, Tipo Folgore akan ditenagai oleh pengaturan motor ganda, dengan total tenaga sebesar 600 kW - 816 ps (sekitar 805 hp). Tenaga regeneratif yang ada 95% hemat energi, dengan lebih dari 40% energi yang digunakan dalam balapan berasal dari pengereman regeneratif saja.

Maserati juga memiliki desain yang akan membedakannya dari para pesaingnya. Maserati memilih warna yang sama digunakan oleh MC12 di awal tahun 2000-an, dengan detail putih dan Trident besar tercetak di bagian depan.

Maserati Tipo Folgore yang baru akan segera berangkat menuju ke Valencia, Spanyol untuk pengujian pramusim Formula E. Setelah itu, akan memasuki trek di Autodromo Hermanos Rodriguez City di Mexico City pada 14 Januari 2023. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
maserati,
#
tipo folgore gen3,
#
ev,
#
formula e