MENU
icon label
image label
blacklogo

Maserati Luncurkan GranTurismo 2023, Ada Varian EV-nya!

OCT 04, 2022@10:00 WIB | 176 Views

Salah satu model paling ikonik Maserati dari dua dekade terakhir telah kembali, GranTurismo, sekarang dengan pilihan mesin pembakaran internal atau listrik. 

Maserati mengatakan GranTurismo baru adalah "keseimbangan ideal antara keindahan dan fungsionalitas". Sepintas, GranTurismo mengusung style grand tourer, lengkap dengan gaya bodi coupe, kap mesin yang panjang, dan garis atap yang lebih ramping untuk meningkatkan aerodimanis. Ini adalah evolusi dari desain sebelumnya.

GranTurismo mengusung mesin V6 Nettuno twin-turbocharged 3.0 liter yang sama dengan Maserati MC20. Mesin ini punya output 365 kW di varian Modena dan 410 kW di varian Trofeo. Tenaga dikirim ke keempat roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

GranTurismo juga jadi model pertama Maserati yang membawa powertrain all-electric, yang disebut sebagai Folgore. Folgore menggunakan tiga motor listrik 300 kW, dua di belakang dan satu di depan yang ditenagai oleh baterai 92,5 kWh. Tiga motor listrik ini memberikan output 567 kW secara simultan.

Varian Trofeo diklaim dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, sedangkan Modena memakan waktu 3,9 detik. Untuk Folgore, akselerasi 0-100 km/jam mampu dicapai dalam waktu 2,7 detik.

Setiap model dibekali dengan suspensi double wishbone di depan dengan multilink di belakang. Sistem pengereman dari setiap model ini dipasok oleh Brembo. Bahan ringan seperti aluminium dan magnesium juga digunakan dalam konstruksi GranTurismo, berkontribusi pada bobot keseluruhan 1795 kg pada model V6, dan 2260 kg pada Folgore EV.

Maserati telah melengkapi model baru dengan sistem infotainment terbaru, tampilan yang menyatukan fungsi utama kendaraan pada satu layar sentuh terintegrasi, dan opsi tampilan head-up. Bahkan varian Folgore dapat merasakan raungan mesin khas Maserati berkat opsi surround sound system 3D yang terdiri dari 19 speaker dengan output 1195 W.

Maserati sendiri akan menjual GranTurismo menjelang akhir tahun ini. Mengenai harganya, Maserati sepertinya akan mengungkapkan banderol harga dari GranTurismo menjelang hari penjualannya. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
maserati,
#
granturismo modena,
#
granturismo trofeo,
#
granturismo folgore,
#
maserati granturismo,
#
ev,
#
mobil listrik