MENU
icon label
image label
blacklogo

Mampukah Hypercar Davel Sixteen Kalahkan Hennessey dan Koenigsegg?

NOV 08, 2017@21:00 WIB | 538 Views

Kehadiran Devel Seventeen terus terang membuat kegusaran pabrikan hypercar entah itu Bugatti, Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg maupun Hennessey. Ketika rata-rata hypercar masih menggunakan mesin bervolume V8, Devel Seventeen yang bermarkas di Dubai telah membuat mesin V-16, menghasilkan 5000 hp di sesi pengukuran dynometer dan diklaim mampu melaju dengan kecepatan 555,2kpj.

Klaim-klaim itu akhirnya menjadi kenyataan. Davel memberi nama mobilnya Sixteen diklaim mampu  melaju dengan kecepatan 555,2 kpj. Dan bukan sebuah omong kosong,  karena mesin V-16-nya telah dilakukan dynotest dan mencatatkan power 5000 hp.  Setidaknya, kegusaran itu masih bersemayam diantara produsen pabrikan hypercar. Dan pada akhirnya, itu menjadi kenyataan.

Steve Morris Engines (SME) dikabarkan sebagai perusahaan yang memasok powerplant.  Pihak SME cukup piawai membangun mesin bertenaga tinggi, berteknologi tinggi. Mesin V16 berkapasitas 12.3 liter ini bernafas besar menggunakan empat turbocharger. Setiap turbo bekerja berarti menekan induksi berdiameter 81 milimeter. Ketika bekerja secara system, mampu menghasilkan power 5000 hp dan torsi sebesar 5287 Nm.

Video youtube tersebut menunjukkan bahwa kinerja monsternya memang real. Namun kinerjanya di dunia nyata masih banyak ruang pertanyaan. Meski desain bodywork terlihat dan dipamerkan, mesin telah ditest dengan dynometer. Namun pertanyaan besar, gearbox apa yang mampu menangani kekuatan sebesar itu?  Jika Devel Sixteen dilahirkan dengan all wheel drive,  traksi yang dihasilkan tentu menjadi isu luar biasa. Kemudian posisi mesin yang sesuai di belakang atau didepan?

Terlepas dari pertanyaan itu semua, SME dan Devel Sixteen akan menjawab keraguan para pecinta otomotif di seluruh dunia. Apakah Anda yakin bakal lahir hypercar monster seperti Davel dalam versi produksi? [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
davel sixteen,
#
hypercar