MENU
icon label
image label
blacklogo

Malaysia Rancang Konsep Sport Car, Terinspirasi Aston Martin DB10

JUN 08, 2021@11:00 WIB | 195 Views

Sebuah konsep mobil sport Malaysia telah muncul, meskipun dalam bentuk digital berkat mantan desainer Proton Saharudin Busri yang sekarang menjadi kepala desain industri di MIMOS, pusat penelitian dan pengembangan terapan nasional untuk teknologi informasi dan komunikasi. Karya Saharudin sudah pernah ditampilkan sebelumnya, yaitu Proton Savvy 18 serta sketsa konsep Proton Suprima X. Tak berhenti sampai di situ Saharudin terus menggali ide-ide baru terkait desain otomotif, antara lain untuk mengajar di perguruan tinggi.

Yang terbaru dari portofolio Saharudin adalah konsep Mobil Sport Malaysia, yang awalnya ditampilkan sebagai bagian dari acara MIMOS Design Talk yang diadakan bersamaan dengan Autodesk Asia September lalu. Tampilan keseluruhan dari konsep ini futuristik, dan menampilkan posisi kabin yang agak terpusat. Ini tampaknya dapat bekerja dengan tata letak bermesin depan atau tengah-belakang.

Desain konsep ini secara keseluruhan terinspirasi Aston Martin DB10, sementara rincian halus yang disesuaikan dengan visinya untuk mobil konsep ini. Sebagian besar desain di sini menggunakan garis tajam dan bersudut. “'Wajahnya' dibentuk oleh ujung depan mobil yang mulai rendah, dengan lampu depan LED yang ramping dan chrome surround besar untuk grill menjadi fitur utama yang menentukan,” jelas Saharudin.

Lipatan tajam pada kap menambah daya tarik visual, sementara isyarat yang lebih tegas terlihat di profil sampingnya, menambah tampilan agresif dengan celah lengkung roda dan ban very low-profile yang sangat rendah. Garis miring dalam yang berfungsi sebagai lengkungan roda depan juga menampung indikator depan, berlanjut di sepanjang lipatan dari sudut atas setiap lampu depan seperti panah.

Lingkar pinggang yang tinggi, ditambah dengan atap yang rendah tentu memberikan ruang untuk kabin yang hanya berisi dua orang penumpang. Dasar dari windowline melengkung di atas bagian belakang, sementara fasia belakang miring di sepanjang rear bumper dengan diffuser besar dan sepasang outlet knalpot besar.

Last but not least, Anda mungkin telah memperhatikan penggunaan ‘hibiscus’ (kembang sepatu) yang berulang di seluruh mobil konsep, seperti di dalam lampu belakang dan untuk desain roda secara keseluruhan. Hal ini tentu saja mengacu pada bunga nasional Malaysia, dan bentuk hibiscus menjadi motif pilihan karena mobil ini dirancang bersamaan dengan Hari Nasional Malaysia.  Rendering mobil sport virtual ini juga telah diperkenalkan dalam materi ajar online untuk kursus oleh Universiti Malaysia Pahang (UMP). [ibd/timBX]

Tags :

#
konsep mobil sport malaysia,
#
aston martin db10,
#
konsep sport car,
#
konsep sport car malaysia