MENU
icon label
image label
blacklogo

Malaysia Akan Wajibkan ABS Untuk Motor Di Atas 150 CC

MAY 30, 2022@15:00 WIB | 198 Views

Pemerintah Malaysia kabarnya sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan teknologi ABS untuk motor 150cc ke atas. Menteri Perhubungan Malaysia, Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan bahwa studi untuk implementasi peraturan baru ini sedang dilakukan, dan ditangani langsung oleh Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS). Wee Ka Siong menjelaskan bahwa studi ini komprehensif dan melibatkan perwakilan dari masyarakat, industri manufaktur, serta pakar keselamatan.

Dengan adanya wajib pemasangan ABS nantinya diharapkan keselamatan sepeda motor semakin meningkat dan kemungkinan kematian semakin berkurang,” kata Dr Wee dalam sebuah pernyataan. Menurut studi yang sedang dilakukan oleh MIROS, pengereman yang tidak efektif, serta menjatuhkan sepeda saat mencoba menghindari kecelakaan adalah salah satu penyebab utama kecelakaan sepeda motor di Malaysia.

Lebih lanjut Dr Wee menjelaskan, “Sistem pengereman yang tidak efektif adalah salah satu penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, penggunaan sistem pengereman yang lebih baik dan efektif sangat dianjurkan dan didorong dalam pencarian solusi untuk mengurangi kecelakaan sepeda motor.

Selain itu, studi ini menunjukkan bahwa penggunaan ABS pada sepeda motor dapat mengurangi kecelakaan dan kematian hingga 30 persen. Meningkatkan keselamatan sepeda motor melalui teknologi yang lebih baik, terutama di negara yang sangat bergantung pada kendaraan roda dua ringan untuk mobilitas tidak diragukan lagi merupakan langkah yang logis. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
abs,
#
malaysia,
#
honda,
#
yamaha,
#
suzuki,
#
kawasaki