MENU
icon label
image label
blacklogo

Mahakarya 'Shogun', Melibatkan 3 Seniman Amerika Serikat

NOV 17, 2016@19:00 WIB | 711 Views

Setelah sebelumnya, Baru Motor Sport (BMS) membangun motor XS 650 dengan konsep eksotisme Indonesia. Di Atlanta Amerika Serikat, sebuah  motor beraliran caferacer dibangun dengan grafir (ukiran) dalam modifikasinya. Bryan Fuller dari Atlanta Fullermoto.com, memodifikasi bertema "motorcycles as art" dengan  menguraikan nilai-nilai artistik dari SamuraiCode, di setiap detil motor Honda CB550.

Karena desain artistik itulah, CB550 itu kemudian diberi nama Shogun. Tentunya butuh proses panjang melihat hasil akhir motor yang begitu detail ukirannya. Yah, memang seperti itu adanya. Konsep ini dikembangkan bersama tiga pihak sekaligus. Pertama  Totem grafiti dari www.mr-totem.com, kedua, Tay Herrera pengukir www.tarrera.com dan ketiga Bryan Fuller dari Fullermoto.com.

Fuller mengatakan, "Ini motor Honda CB paling mahal. Tidak hanya teknik grafiti dan ukiran saja. Untuk handgrip saja melibatkan pembuat pedang tradisional Samurai Jepang." Menurutnya, konsep motor seperti ini jarang sekali diperhatikan, sejak debut konsep diperkenalkan Ian Barry Falcons.

Melihat Shogun seperti melihat mahakarya yang fantastis. Bagaimana tidak, suspensi depan, segitiga, velg, tangki, jok, blok mesin kiri kanan, buritan dan tutup klep, semuanya dipenuhi dengan ukiran bunga, naga, ikan koi, samurai dan huruf Kanji.

Prosesnya lumayan rumit. Pertama konsep dikirim ke Herrera, namun ia segera menolak dengan mengatakan, "Tidak mungkin pengerjaan seperti itu tercapai." Fuller pun hampir menyadari pengerjaan tersebut hampir mustahil bisa dikerjakan.

Namun masih ada celah bagi Fuller, dengan mengirimkan konsep Herrera ke Totem.com dalam bentuk sharpiemetal. Setelah terlukis di metal, baru proses pengukiran bisa dilakukan. Lama proses pengerjaan ukiran mencapai 4 tahun.

Untuk backbone, Shogun dibangun dengan menggunakan bingkai moly, swingarm dan tangki difinishing dengan chrome. Mesin oleh Fuller dibore up menjadi 600cc.

Menurut Fuller, mahakarya ini semuanya dikerjakan oleh tiga seniman dengan average umur 40 tahunan. "Meski rencananya dijual, namun itu bukan semata-mata kebutuhan uang, namun kebanggaan atas motorcycle as art telah terwujud dalam rentang waktu 8 tahun," tutup Fuller seperti yang dilansir cycleworld.com. [Ahs/TimBx]

Tags :

#
shogun,
#
baru motor sport,
#
bms,
#
modifkasi motor,
#
cafe racer