MENU
icon label
image label
blacklogo

Lotus Elise Race 250 Buat Yang Beraliran Keras

NOV 06, 2018@10:10 WIB | 1,216 Views

Sportscar kompak dan berbobot ringan Lotus Elise kembali kedatangan keluarga baru dengan kode nama Lotus Elise Race 250. Sesuai dengan namanya yang menyertakan 'Race', Lotus Elise Race 250 dikhususkan untuk berlari kencang di lintasan balap.

Sekilas pandang penampilannya masih menyerupai dengan jajaran lain dari keluarga Elise modern, model roadster bermesin tengah dan kapasitas dua penumpang. Bahkan, Elise Race 250 dapat dikatakan sebagai Elise Cup 250 yang telah dibekali dengan seperangkat perlengkapan untuk melesat lebih kencang di lintasan balap. Perbedaan paling mencolok hadir dari paket aerokit yang membantu mengurangi hambat gerak serta memberikan diet bobot yang cukup signifikan, karena pada dunia balap diet bobot sekecil apa pun akan memberikan hasil catatan waktu yang berbeda pula.

Setiap perubahan pada Elise Race 250 merupakan optimalisasi dengan fokus pada lintasan balap. Tengok saja penggunaan peredam Nitron yang dapat disesuaikan, peningkatan kualitas pada brake pad, dan kaca belakang dari material polycarbonate. Selain itu, tersedia pengait derek di depan dan belakang dan panel kosong pada rumah lampu depan. Sementara dari paket pendukung aerodinamikanya, Elise Race 250 sudah dibekali dengan splitter udara depan, diffuser belakang, floor extensions, dan sayap belakang untuk memberikan downforce lebih.

Sektor kabin juga telah disiapkan untuk menghadapi lintasan balap, dengan palang harness A-Frame dan roll-cage section yang sesuai dengan standar FIA (Federatin Internationale de l'Automobile), alat pemadam api, battery isolator, dan palang kemudi yang dapat dilepas layaknya mobil balap pada umumnya. Untuk diet bobot, jok Elise Race 250 dibangun dari serat karbon dan telah mendukung  sabuk keselamatan enam titik yang telah disetujui oleh FIA.

Diet bobot pada Elise Race 250 termasuk signifikan, selain dari sassis aluminiumnya, penggunaan baterai Lithium-ion diklaim memangkas berat hingga 10 kg, dan jok serat karbon juga mengurangi bobot hingga 6 kg. Belum lagi velg alloy ultra ringan, dan sejumlah komponen berbahan serat karbon yang bisa mengurangi berat lebih dari 10 kg. Hasilnya, Elise Race 250 berhasil melalui timbangan dengan angka kurang dari 900 kg.

Sektor jantung mekanis menggunakan mesin 1.8 liter supercharged yang dipadankan dengan transmisi manual 6-speed. Hasilnya adalah tenaga sebesar 243 hp pada 7.200 rpm dan torsi 250 Nm yang tersedia di rentang 3.500 – 5.500 rpm. Berbekal mesin tersebut, ditambah dengan diet bobotnya, Elise Race 250 diklaim mencatatkan angka putaran tercepat pada lintasan pengujian Hethel, yakni 1 menit 33,5 detik atau 0,5 detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya Elise Cup 220 R.

Pihak Lotus mengatakan bahwa Elise Race 250 merupakan yang tercepat dari semua keluarga Elise yang pernah dirilis dan mereka meyakini bahwa mobil ini memenuhi syarat untuk dapat turun pada banyak seri balap di seluruh dunia.

Tags :

#
lotus,
#
elise race 250