MENU
icon label
image label
blacklogo

Lotus Eletre EV SUV Debut Global, Gunakan Panel Instrumen Anti Mainstream

MAR 30, 2022@10:50 WIB | 230 Views

Setelah bertahun-tahun menunggu, crossover listrik Lotus Eletre akhirnya hadir. Menurut Lotus, Eletre sendiri berarti "hidup kembali" dalam bahasa Eropa Timur. Pabrikan asal Inggris ini mengatakan bahwa Eletre dibuat dengan memadukan unsur mobil sport tradisional milik Lotus dengan utilitas seperti sebuah SUV crossover.

Eletre dibangun dengan basis platform Electric Premium Architecture (EPA) dari Lotus. Lotus mengatakan bahwa berbagai level trim SUV listrik ini memiliki output mulai dari 600 hp dengan motor yang menggerakkan setiap poros. Akselerasi ke 100 kilometer per jam diklaim hanya membutuhkan waktu kurang dari 3,0 detik dan kecepatan tertinggi yang dapat dicapai adalah 260 kpj. Lotus belum mengungkapkan bobot dari SUV crossover ini pada saat peluncuran resminya.

Pabrikan mobil tersebut hanya mengatakan bahwa kapasitas baterai lebih dari 100 kilowatt-jam, dan ini memungkinkan kisaran WLTP diperkirakan sekitar 600 kilometer. Eletre dapat mengisi daya hingga 350 kilowatt, hal ini memungkinkan untuk mendapatkan jangkauan 400 kilometer dalam 20 menit.

Crossover ini menggunakan air suspension dengan teknologi active ride height adjustment. Eletre juga dilengkapi dengan rear-axle steering dan active anti-roll bars

Di bagian depan, Eletre mengadaptasi elemen desain umum dari mobil sport Lotus Emira ke dalam bentuk crossover. Bagian depan juga sudah menggunakan split headlight layaknya mobil-mobil saat ini. Running light berada di tepi depan kap mesin, dan lampu utama berada di bagian bawah fasia berwarna gelap. Grille-nya sendiri memiliki aerodinamis aktif menggunakan desain potongan segitiga interkoneksi yang dapat terbuka saat motor, baterai, dan rem memerlukan pendinginan.

Dalam hal teknologi, Eletre hadir dengan empat sensor Lidar yang dapat digunakan. Ada dua di atap (satu di atas kaca depan dan satu di atas kaca belakang). Plus, setiap sisi bodi memiliki perangkat di dekat fender depan. Selain itu, Eletre menggunakan kamera sebagai kaca spion samping.

Lotus mengklaim Eletre mampu melakukan “End-to-End Autonomous Driving." Teknologi ini mendukung pembaruan over-the-air untuk peningkatan sistem di masa mendatang.

Daripada panel instrumen tradisional, Lotus menyematkan strip tipis yang tingginya kurang dari 30 milimeter pada Eletre. Di tengah, ada layar berorientasi landscape 15,1 inci yang menawarkan semua informasi yang diperlukan. Tampilan head-up dengan augmented reality juga merupakan fitur standar pada Eletre.

Lotus akan memproduksi Eletre di pabrik baru di Wuhan, China. Pengiriman dimulai pada 2023 untuk pasar China, Inggris, dan Eropa. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
lotus eletre,
#
ev,
#
crossover