MENU
icon label
image label
blacklogo

Lotus Akhiri Produksi Elise, Exige, dan Evora Untuk Line-Up Baru?

DEC 27, 2021@11:00 WIB | 237 Views

Ini adalah akhir dari sebuah era dan awal yang baru karena Lotus telah mengakhiri produksi Elise, Exige, dan Evora, dan bersiap untuk meluncurkan Emira. Pabrikan mobil sport yang berbasis di Norfolk ini pertama kalinya memperkenalkan Elise Series 1 pada tahun 1996, diikuti oleh Exige yang lebih ‘panas’ pada tahun 2000, dan Evora yang lebih ‘beradab’ pada tahun 2009. Ketiganya menghasilkan banyak ‘keturunan’ bertahun-tahun setelahnya, dan sekarang merek Inggris tersebut akan mengakhiri karir ketiga mobil ini.

Selama interval 26 tahun ini, total 51.738 kendaraan telah diproduksi, yang merupakan hampir 50 persen dari keseluruhan produksi perusahaan sejak Colin Chapman mendirikan Lotus pada tahun 1948. Platform yang digunakan oleh Elise/Exige turut digunakan juga sebagai basis untuk varian Lotus lainnya seperti 340R, Europa, 2-Eleven, dan 3-Eleven, serta model non-Lotus seperti Opel Speedster / Vauxhall VX220 dan Tesla Roadster. Platform ini telah menjadi tulang punggung dari 56.618 kendaraan.

Meskipun tidak disebutkan dalam siaran persnya, Hennessey Venom GT yang hanya diproduksi 13 unit (tujuh Coupe dan enam Spyders) menggunakan konfigurasi yang dimodifikasi dari platform yang sama. Venom GT ini pernah menjadi mobil tercepat di dunia dan membuat beberapa rekor kecepatan lainnya sebelum tuner yang berbasis di Texas menggantinya dengan mobilnya sendiri, Venom F5 baru.

Trio pamungkas ini diwakili oleh Elise Sport 240 Final Edition berwarna kuning, Heritage Racing Green Exige Cup 430 Final Edition, dan Dark Metallic Grey Evora GT430 Sport. Tak satupun dari ini akan dijual karena mereka akan menjadi anggota tetap koleksi warisan Lotus. Perusahaan milik Geely telah mengumpulkan 35.124 unit Elise, 10.497 model Exige, bersama dengan 6.117 unit Evora.

Ketiganya akan digantikan oleh Emira baru yang akan memasuki produksi musim semi berikutnya di pabrik yang sama di mana hypercar Evija yang serba listrik dan diproduksi terbatas juga dirakit. Lotus akan memperluas portofolionya musim semi mendatang dengan meluncurkan SUV listrik yang akan dirakit di pabrik baru di Wuhan, Cina. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
lotus evora,
#
lotus elise,
#
lotus exige,
#
lotus