MENU
icon label
image label
blacklogo

Lima Konsep Fiat Retro Siap Diproduksi

FEB 26, 2024@15:30 WIB | 111 Views

Fiat telah meluncurkan lima mobil konsep menarik yang akan menghasilkan versi produksi di tahun-tahun mendatang dan didasarkan pada platform global yang sama.

Jajaran produk baru produsen mobil Italia tersebut diumumkan dalam sebuah video yang menampilkan kepala eksekutif Fiat dan Stellantis Global CMO, Olivier Francois, yang dipresentasikan dari Ginevra, Italia. Model pertama dari jajaran ini akan diluncurkan dalam bentuk produksi pada bulan Juli tahun ini dan kendaraan baru kemudian akan diluncurkan setiap tahun hingga tahun 2027.

Konsep baru pertama yang dihadirkan adalah city car yang sedikit lebih besar dari Panda saat ini dan memiliki desain yang terinspirasi dari gedung Fiat Lingotto di Turin dengan track uji berbentuk oval di atapnya. Oleh karena itu, city car ini banyak mengusung bentuk oval pada seluruh desainnya, terutama pada kabin dengan dashboard, display, dan sandaran kepala berbentuk oval.

Banyak bahan daur ulang, termasuk plastik dan bambu juga ditemukan di seluruh body. Fiat mengatakan model ini akan ditawarkan dengan sejumlah powertrain yang berbeda, termasuk pengaturan baterai-listrik dan mesin pembakaran internal.

Selanjutnya adalah konsep pikap. Fiat Strada adalah kendaraan terlaris di Brasil dan merek tersebut yakin dapat meniru kesuksesan ini secara global. Layaknya city car, pikap ini memiliki bentuk retro berbentuk kotak dan dikatakan memadukan kesenangan dan fungsionalitas.

Fastback berukuran besar dengan desain yang sangat mirip dengan konsep pikap juga telah dihadirkan. Mobil ini telah diberi label sebagai "pewaris" Fiat Fastback dan Fiat Tipo dan terbukti sangat populer di Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Mobil ini juga disertai dengan versi SUV yang sedikit diubah serta turunan camper yang diposisikan sebagai "kendaraan serbaguna" dengan elemen gaya yang kokoh, ketinggian pengendaraan yang lebih tinggi, dan ban off-road.

"FIAT adalah merek global dengan 1,3 juta mobil terjual tahun lalu dan kepemimpinan yang solid di banyak belahan dunia," kata Francois dalam sebuah pernyataan. "Kami berada dalam persaingan global dan langkah kami berikutnya adalah melakukan transisi dari produk lokal ke penawaran global yang dapat menguntungkan semua pelanggan kami di mana pun di dunia," lanjutnya.

"Kami sangat bersemangat untuk membagikan gambaran sekilas tentang masa depan kami; sebenarnya dalam waktu dekat, karena model pertama akan dihadirkan dalam 4 bulan lagi saat perayaan ulang tahun merek yang ke-125. Mobil itu kemudian akan diikuti oleh 1 model baru setiap tahunnya," tambahnya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fiat,
#
fiat city car concept,
#
fiat camper concept