MENU
icon label
image label
blacklogo

Lightyear 0, Mobil Hybrid Unik Dengan Tenaga Listrik dan Surya

JUN 14, 2022@11:00 WIB | 196 Views

Lightyear 0 resmi dipamerkan ke publik. Dengan mengusung konsep futuristik, mobil hybrid unik buatan startup asal Belanda ini dinilai memiliki baterai yang paling hemat di dunia.

Klaim baterai paling hemat di dunia tersebut bukan tanpa bukti, pihak produsen menyebut baterai yang ditanam dalam bodi Lightyear 0 mampu bertahan hingga 7 bulan untuk satu kali pengecasan.

Dalam artikel di Carscoops, kecanggihan teknologi baterai tahan lama Lightyear 0 ini dibeberkan. Dijelaskan mobil elektrik tersebut tidak menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak satu-satunya. Tenaga penggerak tambahan yang dimiliki mobil ini adalah panel surya. Panel surya tersebut berada di bagian atas mobil.

Dengan panjang 5.000 mm, memungkinkan Lightyear 0 bisa dipasang panel surya seluas 5 meter persegi. Adanya panel surya tersebut meningkatkan kemampuan mesin Lightyear 0 untuk bisa menempuh jarak sejauh 11.00 km per tahun. Selain itu juga bisa berjalan sejauh 70 km/hari di cuaca panas dan 35km/hari di cuaca mendung.

Sementara untuk baterainya, belum dapat dipastikan namun dari beberapa sumber disebutkan mendukung pengisian daya domestik 32 km/jam, pengisian daya AC 200 km/jam dan pengisian daya 520 km/jam.

Dari sisi desain internal, Lightyear 0 akan mendapat peralatan canggih dan ramah lingkungan (green environment) seperti layar sentuh 10,1 inci, jok berbahan tekstil bebas hewani dengan berbalur serat mikro suede dan lapisan rotan.

Untuk ruang kabin, terdapat layar sentuh 10,1 inci yang mendukung pembaruan over-the-air, serta penggunaan jok yang benar-benar bebas hewani yang menggunakan tekstil sumber alami seperti jok berbungkus serat mikro suede dan lapisan rotan. [wic/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
lightyear 0,
#
mobil hybrid,
#
tenaga surya,
#
panel surya,
#
mobil listrik,
#
ev